Pengaruh pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar / Miftachus Sururoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar / Miftachus Sururoh

Sururoh, Miftachus (2018) Pengaruh pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar / Miftachus Sururoh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sururoh Miftachus. 2018. PengaruhModel PembelajaranThink Pair Share (TPS) terhadap Pemahaman Konsep ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed (II) Dr.Subanji M.Si KataKunci think pair share pemahaman konsep motivasi belajar. Pemahaman konsep adalah kemampuan mengerti dengan baik akan informasi atau pengetahuan yang diterima serta mampu menjabarkan dan mengutarakan kembali konsep yang sudah dipelajari dengan bahasanya sendiri. Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang harus tertanam dengan baik pada siswa. Siswa akan mampu berfikir tingkat tinggi apabila siswa memiliki pemahaman konsep yang baik mengenai materi pembelajaran. Kenyataan di lapangan kemampuan ini seringkali masih belum terasah dengan baik. Hal itu terlihat dari hasil ulangan harian siswa yang berkaitan dengan soal pemahaman konsep. Jawaban siswa banyak yang kurang tepat. Hal tersebut terjadi karena pemahaman konsep siswa kurang baik sehingga siswa mudah lupa akan materi yang sudah dipelajari. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara menggunakan pembelajaran think pair share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Desain yang digunakan yaitu Non equivalent Control group Desain. Penelitian ini dilakukan di SDN Kalirejo 5 Kabupaten Lawang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan 28 siswa dan kelas kontrol dengan 28 siswa. Menggunakan uji Anova dua jalur. Instrumen yang digunakan pada kedua kelompok subjek penelitian terdiri dari pretes-postes pemahaman konsep dan angket motivasi belajar. Instrumen pretes-postes terdiri dari 25 butir soal valid (5 soal sulit 13 soal sedang 7 soal mudah) dengan tingkat reliabilitas 0 739. Instrumen angket terdiri dari 35 butir pernyataan dengan 4 pilihan jawaban ( SS sangat sesuai S sesuai Ts tidak sesuai STS sangat tidak sesuai) dengan tingkat reliabilitas 0 752. Hasil tersebut diperoleh berdasarkan hasil uji coba instrumen pada 19 siswa di SDN Tegalweru- Batu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa yang belajar melalui pembelajaran think pair share dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran kerja kelompok 2) ada perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa yang motivasinya tinggi dengan siswa yang motivasinya rendah 3) ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Kalirejo 5 Lawang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63353

Actions (login required)

View Item View Item