Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis kabudayaan tari beskalan untuk kelas IV di Sekolah Dasar / Firda Firdaus Arianto Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis kabudayaan tari beskalan untuk kelas IV di Sekolah Dasar / Firda Firdaus Arianto Putri

Putri, Firda Firdaus Arianto (2018) Pengembangan bahan ajar tematik terpadu berbasis kabudayaan tari beskalan untuk kelas IV di Sekolah Dasar / Firda Firdaus Arianto Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri Firda Firdaus Arianto. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Kebudayaan Tari Beskalan untuk Kelas IV di Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Rumniati M. Si (II) Prof. Dr. Sudarmiatin M. Si. Kata Kunci pengembangan bahan ajar tematik terpadu kebudayaan lokal Tari Beskalan. Dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti tanggal 13 Januari 2018 menunjukan bahwa guru dan siswa di SDN 5 Kalirejo membutuhkan buku pendamping yang dapat menunjang buku utama tematik kurikulum 2013 yang telah direvisi hal ini dikarenakan buku utama pembelajaran tematik belum menyesuaikan lingkungan sekitar siswa masih disesuaikan secara umum (nusantara) sehingga siswa juga belum mengetahui secara rinci akan materi yang dipelajari. Dalam penyusunan tesis ini peneliti tertarik untuk mengangkat masalah tersebut untuk diatasi dengan penggunaan bahan ajar berbasis kebudayaan lokal pada buku siswa melalui Pengembangan media pembelajaran sehingga judul tesis ini adalah Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Kebudayaan Tari Beskalan untuk Kelas IV di Sekolah Dasar . Spesifikasi produk yang akan dikembangkan yakni terlihat pada judul penelitian yaitu mengembangkan bahan ajar yang didalamnya mengupas tentang kebudayaan Tari Beskalan yang ada di Malang. Rancangan penelitian dan pengembangan merupakan pendekatan yang digunakan pada penilitian ini. Pengembangan yang dilakukan dalam bentuk penelitian merupakan penelitian dengan tujuan untuk mengembangkan suatu produk yang disesuaikan dengan masalah yang ada sehingga pengembangan produk yang dilakukan dapat bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan model Borg gall (1983). Peneliti hanya menggunakan 9 langkah yang ada dimodel Borg an Gall dikarenakan dilangkah ke-10 yang merupakan tahap penyebaran dan pelaporan tidak dilaksanakan akibat alasan pada keterbatasan waktu lemahnya tenaga dan minimnya biaya. Desain yang dilakukan pada uji coba terhadap pengembangan produk dilakukan dengan evaluasi ahli pembelajaran uji perseorangan uji kelompok dalam skala kecil dan uji kelompok dalam skala besar. Pada data validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi/isi menunjukkan 87% dengan kategori kevalidan sangat baik untuk bahan ajar yang dikembangkan dari segi kesesuaian materi ke SD an. Data oleh validator ahli bahan ajar/media menunjukkan 58% dengan kategori kevalidan cukup untuk bahan ajar yang dikembangkan dari segi tampilan gambar ilustrasi dan latar belakang buku. Data oleh validator bahasa menunjukkan 80% dengan kategori kevalidan baik untuk bahan ajar yang dikembangkan dari segi tata bahasa baku penggunaan kata penghubung penggunaan kata asing dan kesesuaian bacaan. Data oleh validator ahli kebudayaan menunjukkan 74% dengan kategori kevalidan baik untuk bahan ajar yang dikembangkan dari segi kebenaran akan sumber budaya yang diambil kesesuaian dengan materi ke SD an pemilahan materi yang cocok untuk siswa SD. Data uji efektivitas yang dilakukan pada kelas eksperimen sebanyak 28 siswa di kelas IVA menunjukkan rata-rata nilai pretes yaitu 67 dengan KKM 75 berarti belum tuntas postes nilai 95 dengan KKM 75 berarti telah tuntas da angket proses belajar 89 dengan kriteria sangat baik. Data uji kepraktisan yang dilakukan pada kelas eksperimen sebanyak 28 siswa di kelas IVA menunjukkan rata-rata nilai yaitu 87 dengan kriteria nilai kepraktisan sangat baik. Data uji kemenarikan yang dilakukan pada kelas eksperimen sebanyak 28 siswa di kelas IVA menunjukkan rata-rata nilai yaitu 83 dengan kriteria nilai kemenarikan sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63352

Actions (login required)

View Item View Item