Pembelajaran langsung dengan menggunakan media octagonal rotating untuk meningkatkan kemampuan berbicara materi mendeskripsikan binatang pada siswa kelas II SDN Losari Singosari / Fahmi Surya Adikara - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran langsung dengan menggunakan media octagonal rotating untuk meningkatkan kemampuan berbicara materi mendeskripsikan binatang pada siswa kelas II SDN Losari Singosari / Fahmi Surya Adikara

Adikara, Fahmi Surya (2018) Pembelajaran langsung dengan menggunakan media octagonal rotating untuk meningkatkan kemampuan berbicara materi mendeskripsikan binatang pada siswa kelas II SDN Losari Singosari / Fahmi Surya Adikara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Adikara Fahmi Surya. 2018. Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Media Octagonal Rotating untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Materi Mendeskripsikan Binatang pada Siswa kelas II SDN Losari Singosari. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nurchasanah M.Pd. (II) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd. Kata Kunci pembelajaran langsung media octagonal rotating kemampuan berbicara mendeskripsikan binatang Aktivitas siswa kelas II SDN Losari Singosari dalam berbicara tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang diperoleh bahwa (1) siswa malu jika diminta berbicara di depan kelas (2) kurangnya perbendaharaan kosa kata dalam berbicara (3) intonasi saat berbicara kurang jelas karena dibawakan dengan suara yang lirih (4) struktur kalimat kurang variatif dan (5) tidak ada semangat dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran berbicara. Peneliti bermaksud untuk memperbaiki keadaan tersebut dengan cara menerapkan model pembelajaran langsung dengan media octagonal rotating yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pembelajaran langsung dengan media octagonal rotating yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara materi mendeskripsikan binatang pada siswa kelas II SDN Losari Singosari. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Proses penelitian ini dilaksanakan melalui empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Losari Singosari tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa dengan rincian 20 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Data penelitian berupa proses dan hasil pembelajaran langsung dengan media octagonal rotating untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II SDN Losari Singosari. Data dikumpulkan menggunakan (1) lembar observasi aktivitas guru dan siswa (2) wawancara (3) tes kemampuan berbicara secara lisan dan (4) dokumentasi selama pembelajaran berlangsung. Hasil tes kemampuan berbicara siswa siklus I jika di persentasekan adalah 56.2% dengan kualifikasi cukup dan belum mencapai target yang diharapkan. Berdasarkan hasil tes kemampuan berbicara siklus I siswa yang mendapat nilai di atas 75 atau dikatakan tuntas hanya berjumlah 6 orang siswa dengan persentase 17.14%. Sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah 75 atau dikatan tidak tuntas sebanyak 29 siswa dengan persentase 82.85%. Hasil tes kemampuan berbicara siswa siklus II adalah 81.1% dengan kualifikasi baik dan sudah mencapai target yang diharapkan. Berdasarkan hasil tes kemampuan berbicara siklus II siswa yang mendapat nilai di atas 75 atau dikatakan tuntas berjumlah 31 orang siswa dengan persentase 88.57%. Sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah 75 atau dikatan tidak tuntas hanya berjumlah 4 orang siswa dengan persentase 11.42%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke siklus II yang menunjukkan hasil dengan kualifikasi baik. 5

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63351

Actions (login required)

View Item View Item