Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar / Yulia Lisa Sari Hayati

Hayati, Yulia Lisa Sari (2018) Pengaruh model pembelajaran tutor sebaya terhadap kemampuan komunikasi matematis materi bangun datar siswa kelas IV sekolah dasar / Yulia Lisa Sari Hayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Hayati, Yulia Lisa Sari. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Kemampuan komunikasi Matematis Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., M.A., M.Si., (II) Dr. H. Abdur Rahman AsÔÇÖari, M.Pd., M.A. Kata kunci: tutor sebaya, kemampuan komunikasi matematis Pembelajaran matematika yang ada di SDN Balongjeruk khususnya pada kelas IVa dan IVb diterapkan dengan cara guru menerangkan materi kepada siswa kemudian memberi soal latihan pada siswa. Berdasarkan hasil pengamatan, siswa juga memiliki kemampuan komunikasi matematis yang rendah. Hal tersebut tergambar pada pekerjaan siswa yang rata-rata kesalahan terdapat pada pemilihan rumus yang digunakan serta langkah penyelesaian yang tidak runtut. Desain kegiatan pembelajaran yang efektif dengan cara memiih model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa aktif secara mental, fisik, dan sosial. Model pembelajaran tutor sebaya merupakan model dengan bantuan seorang siswa berkompeten sebagai tutor untuk mengajarkan materi dan membantu siswa lainnya yang mengalami kesulitan dalam kelompoknya merupakan cara yang tepat unuk meningkatkan kemampuan komunikasi matemati siswa. Melalui belajar berkelompok tersebut siswa dapat berkomunikasi dan saling berdiskusi dengan teman sebaya dalam kelompoknya karena melalui kegiatan tersebut dapat mengembangkan keterampilan berkomunikasi sehingga dapat belajar dalam menyelesaikan masalah yang baru. Tujuan penelitian untuk mengetahui model pembelajaran tutor sebaya berpenggaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis materi bagun datar siswa kelas IV SDN Balongjeruk. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVa yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas IVb sebagai kelas kontrol dengan materi pelajaran bangun datar (luas dan keliling pesegi, pesegi panjang dan segitiga). Rancangan penelitian yang digunakan adaalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Uji hipotesis mengggunakan analisis uji-t tipe independent samples test melalui program SPSS dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis materi bangun datar siswa kelas IV di SDN Balongjeruk. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai siknifikansi bernilai 0,000. Nilai tersebut berarti lebih kecil dari 0,05, maka ada perbedaan yang signifikaan antara hasil belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil tersebut dipengaruhi karena adanya perlakuan model pembelajaran yang diberikan pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63349

Actions (login required)

View Item View Item