Sukmawati, Dian (2018) Pembelajaran model group investigation berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri / Dian Sukmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Sukmawati Dian. 2018. Pembelajaran Model Group Investigation Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Prof. Dr. M. Zainuddin M.Pd. Kata Kunci model group investigation realistic mathematics education keterampilan metakognitif Keterampilan metakognitif penting untuk membekali siswa hidup di abad 21. Namun keterampilan metakognitif belum optimal nampak pada siswa dan guru belum memfasilitasi siswa untuk mengembangkan keterampilan metakognitif. Hal ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara awal yang dilaksanakan di kelas IV SDN Burengan 4 Kediri. Observasi awal dan wawancara awal dilaksanakan pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2017. Data yang diperoleh dari hasil observsi awal yaitu dari 34 siswa yang ada di kelas IV terdapat 22 siswa yang masih memiliki hasil belajar rendah. Diketahui KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada muatan matematika di SDN Burengan 4 yaitu 70 sehingga terdapat 64 7% siswa mendapat nilai di bawah KKM. Selain itu diketahui sebanyak 20 siswa belum selesai mengerjakan soal ketika waktu mengerjakan sudah habis. Keterampilan metakognitif memiliki penanan yang penting dalam pembelajaran namun kurang menjadi aspek yang diperhatikan oleh guru maka perlu diadakan upaya untuk meningkatkan keterampilan metakognitif. Alternatif yang dapat diterapkan guru untuk dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa yaitu dengan penerapan model-model pembelajaran yang sesuai agar dapat menstimulus dan memfasilitasi siswa yaitu model group investigation berbasis realistic mathematics education. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada muatan pelajaran matematika di sekolah dasar dengan menerapkan model group investigation berbasis realistic mathematics education. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan karena belum mencapai hasil yang diinginkan maka dilaksanakan siklus II. Siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Hasil dari siklus II sudah mencapai harapan maka penelitian diakhiri pada siklus II. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan peneliti dapat mengambil simpulan bahwa pembelajaran model group investigation berbasis realistic mathematics education berjalan dengan efektif dan dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kediri. Hal ini terbukti dari terlaksananya keenam sintaks group investigation berbasis realistic mathematics education yang dapat menunjang peningkatan keterampilan metakognitif siswa. Pada sintaks pertama yaitu pemilihan topik siswa menjadi vi terlatih untuk membuat pilihan untuk dapat menyelesaikan suatu tugas. Sintaks menyusun rencana kooperatif siswa menjadi terlatih untuk membuat perencanaan agar dapat menyelesaikan tugas. Sintaks menerapkan rencana dan melaksanakan alanisis dan sintesis membuat siswa terlatih untuk mengorganisasikan informasi yang ada. Sintaks evaluasi siswa menjadi terlatih untuk selalu melaksanakan evaluasi terhadap hasil pekerjaannya siswa akan selalu berpikir untuk dapat memperbaiki diri dan memperoleh hasil yang baik. Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model group investigation berbasis realistic mathematics education mengalami peningkatan sebesar 16 14% dari siklus I 76 06% menjadi 92 20%. Keterampilan metakognitif siswa sebelum tindakan 100% belum menunjukkan keterampilan metakognitif. Pada siklus I keterampilan metakognitif siswa menunjukkan hasil 21 43% dan pada siklus II meningkat sebesar 71 43% menjadi 92 86%. Meskipun terdapat 2 siswa yang belum mencapai harapan tetapi 2 siswa tersebut sudah mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya. Saran yang bisa diberikan berdasarkan penelitian ini yaitu bagi guru yang ingin menerapkan model group investigation berbasis realistic mathematics education untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa guru membimbing siswa untuk dapat menerapkan keenam sintaks group investigation berbasis realistic mathematics education dengan maksimal sehingga siswa dapat terbiasa menyelesaikan tugas dengan langkah-langkah tersebut. Guru seharusnya berkeliling untuk memantau jalannya diskusi kelompok sehingga tidak ada siswa yang hanya menyalin pekerjaan teman. Guru juga harus membuat soal LKS yang dapat menjadi sarana untuk dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Bagi peneliti lain sebaiknya mengetahui tingkat waktu pengerjaan siswa agar penelitian dapat berjalan dengan efisien. Selain itu dokumentasi selama tahap tindakan sebaiknya menggunakan video sehingga semua kegiatan dapat teramati. Jika dirasa soal pada LKS masih terlalu terbuka maka peneliti dapat membuat soal yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Materi yang digunakan pada penelitian ini terbatas pada luas dan keliling persegi persegi panjang dan segitiga disarankan untuk mengembangkan soal dengan materi yang berbeda. Peneliti lain diharapkan benar-benar memahami langkah-langkah penerapan model group investigation berbasis realistic mathematics education untuk dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63348 |
Actions (login required)
View Item |