Pengembangan buku ajar tematik berbentuk cerita anak dilengkapi dengan permainan teka-teki silang (crossword puzzle) untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Rikha Ari Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku ajar tematik berbentuk cerita anak dilengkapi dengan permainan teka-teki silang (crossword puzzle) untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Rikha Ari Pratiwi

Pratiwi, Rikha Ari (2018) Pengembangan buku ajar tematik berbentuk cerita anak dilengkapi dengan permainan teka-teki silang (crossword puzzle) untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Rikha Ari Pratiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Pratiwi Rikha Ari. 2018. Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbentuk Cerita Anak Dilengkapi dengan Permainan Teka-teki Silang (Crossword Puzzle) untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Sekolah Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A. M.Si (2) Dr. H. Sulton M.Pd Kata Kunci pengembangan buku ajar cerita anak teka-teki silang Kebutuhan sumber belajar merupakan hal yang sangat penting bagi sekolah untuk menunjang proses pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Guru memiliki andil yang cukup besar dalam mengadakan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan di SDN Kasembon 01 menunjukkan adanya permasalahan terkait pengadaan sumber belajar dimana 1) buku guru dan buku siswa edisi terbaru belum terdistribusi ke sekolah. 2) Buku sumber berupa LKS terbitan swasta digunakan oleh sekolah sedangkan LKS yang digunakan kurang menunjang proses pembelajaran. Siswa menyebutkan bahwa LKS yang mereka gunakan memiliki tampilan yang kurang menarik dan mereka cepat bosan saat belajar. 3) Guru menyebutkan bahwa siswa tidak dapat belajar secara mandiri karena masih tergantung pada ceramah guru untuk menjelaskan materi-materi tanpa harus membaca sendiri. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan siswa yakni dengan mengembangkan produk berupa buku ajar tematik berbentuk cerita anak dilengkapi dengan permainan teka-teki silang (crossword puzzle) yang bertujuan untuk menciptakan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan dalam menunjang proses pembelajaran. Produk yang dikembangkan dengan menggunakan model prosedural penelitian dan pengembangan Dick dan Carey yang terdiri dari 1) analisis kebutuhan 2) analisis pembelajaran. 3) analisis karakteristik siswa 4) merumuskan tujuan khusus 5) mengembangkan instrumen penelitian 6) mengembangkan strategi pembelajaran 7) mengembangkan dan memilih materi 8) evaluasi formatif 9) Revisi 10) evaluasi sumatif. Kesepuluh tahapan dilakukan untuk menghasilkan produk yang valid menarik praktis dan efektif digunakan untuk pembelajaran. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 3 ahli yakni ahli materi ahli desain dan bahasa serta ahli pembelajaran tematik SD. Selain itu produk di uji coba pada kelompok kecil dan uji coba lapangan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan kualitas produk yang layak digunakan untuk proses pembelajaran berdasarkan persentase yang diperoleh dari tingkat kevalidan sebesar 84.33% dengan kriteria sangat valid tingkat kemenarikan produk diperoleh persentase 98.61% dengan kriteria sangat menarik tingkat kepraktisan sebesar 99.5% dengan kriteria sangat praktis dan hasil keefektifan produk yang dilihat dari selisih nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 8.12 sedangkan pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang siginifikan sebesar 16.93. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar tematik berbentuk cerita anak dilengkapi dengan permainan teka-teki silang (crossword puzzle) untuk siswa kelas IV SD Sangat Layak digunakan sebagai sumber belajar dan dapat bermanfaat bagi siswa guru maupun sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63347

Actions (login required)

View Item View Item