Srinata, Jundallah (2018) Komunikasi matematis mahasiswa calon guru SD dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gender / Jundallah Srinata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v ABSTRAK Srinata Jundallah. 2018. Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru SD dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gender Tesis Prodi Pendidikan Dasar Konsentrasi Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Abdur Rahman As ari M.Pd M.A (2) Dr. Erry Hidayanto M.Si Kata kunci Komunikasi Matematis Pemecahan Masalah Gender Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di Universitas Negeri Malang khususnya pada mahasiswa jurusan pendidikan dasar tanggal 3 Oktober 2017 ditemukan keunikan pada komunikasi matematis yang dilakukan para mahasiswa. Keunikan yang ditemukan berkaitan terhadap metode serta gaya penjabaran subjek yang berbeda-beda. Perbedaan yang ditunjukkan subjek menunjukkan pola yang hampir sama pabila dibedakan pekerjaannya berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Temuan tersebut mengarahkan fokus penelitian pada komunikasi matematis khususnya ditinjau dari perbedaan gender mahasiwa. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan komunikasi matematis mahasiswa dalam memecahkan masalah matematika. Teknik pengambilan data dilakukan melalui tes wawancara dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tahap reduksi penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penjabaran data dilakukan melalui deskripsi sehingga penelitian termasuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa laki-laki cenderung menggunakan kata-kata secara ringkas dan tidak mengandung kata-kata bermajas dan berkonotasi namun terdapat beberapa penggunaan kata yang tidak tepat dan berpengaruh terhadap kejelasan kalimat. Dari segi urutan sajian yang dilakukan mahasiswa laki-laki cenderung tidak melakukan peninjauan kembali terhadap hasil pekerjaannya. Pada aspek penggunaan gambar mahasiswa laki-laki tidak mampu membuat gambar dengan analogi dan garis yang tepat. Sedangkan pada aspek logika berfikir subjek laki-laki tidak mampu menganalogikan gambar secara logis namun dapat membuat persamaan secara baik dan dari segi ketepatan representasi laki-laki cenderung menggunakan simbol secara kurang lengkap. Pada subjek perempuan menunjukkan penggunaan kata secara ringkas namun lebih detail daripada subjek laki-laki namun terdapat penggunaan kata yang rumpang dimana susunan kalimat yang digunakan tidak lengkap. Dari segi urutan sajian mahasiswa perempuan mampu menunjukkan urutan pemecahan masalah secara lebih lengkap dan tidak ada aspek yang terlewat. Pada aspek penggunaan gambar mahasiswa perempuan tidak menggunakan analogi dan garis secara tepat. Sedangkan pada aspek logika berfikir subjek perempuan menunjukkan penggunaan analogi gambar yang tidak tepat serta penggunaan persamaan yang salah dan dari segi ketepatan representasi perempuan cenderung menggunakan simbol secara lebih lengkap.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Aug 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63345 |
Actions (login required)
View Item |