Penerapan model STAD dipadukan TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang / Yusi Lutfita Rima - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model STAD dipadukan TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang / Yusi Lutfita Rima

Rima, Yusi Lutfita (2018) Penerapan model STAD dipadukan TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang / Yusi Lutfita Rima. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Rima Yusi Lutfita. 2018. Penerapan Model STAD dipadukan TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (II) Dr. I Made Suardana M.Pd. Kata Kunci STAD TGT motivasi belajar hasil belajar Permasalahan dalam proses pembelajaran masih sering dialami oleh siswa maupun guru. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti sebagai kegiatan pendahuluan penelitian di kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang diketahui bahwa (1) model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi guru hanya mengikuti alur pembelajaran yang ada di buku guru atau siswa (2) motivasi belajar siswa masih rendah hal ini terlihat ketika kegiatan tanya jawab siswa kurang berani mengajukan pertanyaan maupun mengungkapkan jawaban siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru siswa mengeluh apabila diminta mengerjakan tugas siswa kurang bekerjasama dalam kegiatan berkelompok siswa melakukan aktivitas di luar kegiatan pembelajaran dan siswa merasa bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran dan (3) hasil belajar siswa kelas VA masih rendah hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa sebesar 40%. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model STAD dipadukan TGT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang (2) untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang melalui penerapan model STAD dipadukan TGT dan (3) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang melalui penerapan model STAD dipadukan TGT. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan dalam setiap siklus. Subjek penelitian berjumlah 25 siswa kelas VA SDN Mulyorejo 3 Malang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar observasi angket teh hasil belajar wawancara catatan lapangan dan dokumentasi yang telah divalidasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model STAD dipadukan TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang meliputi (1) Siswa lebih termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini terbukti dari hasil observasi dan wawancara pada saat proses pembelajaran siswa terlihat bersungguh sungguh memperhatikan penjelasan dari guru pada sintaks presentasi kelas. Siswa saling membantu dan bekerjasama dalam menguasai materi maupun menyelesaikan tugas kelompok pada sintaks tim. (2) Motivasi belajar siswa meningkat dengan baik. Selain dari hasil analisis lembar observasi dan angket motivasi belajar siswa hasil wawancara dan catatan lapangan peneliti menunjukkan bahwa ketika siswa mengikuti proses pembelajaran tampak lebih bersemangat hal itu dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu (a) adanya turnamen pada vi sintaks permainan (b) adanya kuis pada sintaks kuis dan (c) pemberian penghargaan kepada siswa berupa sertifikat pada setia pertemuan dan hadiah pada akhir siklus pada sintaks rekognisi tim dan (3) Hasil belajar siswa meningkat dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa dari pra penelitian ke Siklus I sampai dengan Siklus II disebabkan oleh penguasaan materi oleh siswa sangat baik selain itu secara tidak langsung review materi pembelajaran juga dilakukan oleh siswa ketika megikuti turnamen sehingga siswa tampak begitu siap dan bersemangat dalam mengerjakan kuis atau evaluasi pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian antara lain ditujukan kepada (1) Guru guru memfokuskan siswa terhadap pembelajaran atau menyemangati siswa kembali dengan jargon atau yel yel sesekali guru memberikan pertanyaan pertanyaan kepada siswa atau siswa diminta membuat kesimpulan seputar materi yang sudah dibahas agar siswa benar - benar fokus memperhatikan guru berkeliling ke setiap kelompok untuk mengecek jalannya diskusi kelompok pemberian pengahargaan pada setiap kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan guru memberikan peraturan kepada siswa bahwa setiap tugas harus diselesaikan dengan tepat waktu (2) Sekolah fasilitas penunjang keterlaksanaan pembelajaran seperti speaker sebaiknya setiap kelas disediakan dan (3) Penelitian selanjutnya penelitian ini masih banyak kekurangan diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar dapat memperbaiki dan menindaklanjuti semua kekurangan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63344

Actions (login required)

View Item View Item