Analisis model mental siswa dalam mengonstruksi bilangan bulat / Tia Diana Perwitasari

Perwitasari, Tia Diana (2018) Analisis model mental siswa dalam mengonstruksi bilangan bulat / Tia Diana Perwitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perwitasari, 2018. Analisis Model Mental Siswa dalam Mengonstruksi Bilangan Bulat. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Subanji, M.Si, (II) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd. Kata Kunci: model mental, mengonstruksi, bilangan bulat Peran guru sangat penting dalam meluruskan kesalahan konsep yang dimiliki oleh siswa. Kesalahan konsep sering terjadi pada pelajaran matematika yang abstrak. Kesalahan yang dilakukan menunjukkan tingkatan model mental yang dimiliki oleh siswa. Model mental merupakan gambaran yang ditunjukkan siswa dalam mengolah informasi yang diterima ketika menyelesaikan sebuah soal. Pengetahuan mengenai model mental siswa dapat dijadikan pijakan oleh guru untuk menetapkan metode serta strategi mengajar yang tepat. Model mental yang dimiliki siswa sulit untuk diketahui karena setiap siswa memiliki representasi pribadi yang berbeda. Penelitian mengenai model mental yang dimiliki oleh siswa pada muatan pelajaran matematika belum banyak dilakukan. Pengetahuan terhadap model mental yang dimiliki oleh siswa diperlukan untuk membantu memperbaiki kesalahan konsep yang dimunculkan. Penelitian ini mengggunakan pendekatan kualitataif deskriptif dengan jenis studi kasus. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis model mental yang dimiliki siswa dalam mengonstruksi bilangan bulat. Siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V dengan jumlah 41 orang. Namun yang dijadikan sebagai subyek penelitian sebanyak 10 orang siswa. Setiap 2 orang siswa yang terpilih mewakili masing-masing kategori model mental. Kategori model mental yang diteliti yaitu: (1) model mental inisial, (2) model mental transisi I, (3) model mental sintetik, (4) model mental transisi II, serta (5) model mental formal. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil soal tes bilangan bulat dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik analisis perbandingan tetap melalui pengkodingan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil temuan penelitian menyatakan bahwa dalam mengonstruksi bilangan bulat, model mental yang dikembangkan siswa terbagi dalam 5 kategori sebagai berikut: (1) Model mental inisial, siswa tidak memahami keberadaan bilangan bulat negatif sehingga tidak bisa menghitung mundur serta mengisi bilangan pada garis bilangan dengan bilangan bulat positif, (2) Model mental transisi 1, siswa mulai memahami adanya bilangan bulat negatif tetapi mengabaikan tanda ketika menyelesaikan persoalan bilangan bulat., (3) Model mental sintetik, siswa tidak konsisten dalam membedakan besarnya nilai pada bilangan bulat positif dan negatif, (4) Model mental transisi 2, siswa konsisten dalam memahami notasi, urutan serta besaran arah bilangan bulat namun ada sedikit kesalahan dalam menjawab pertanyaan, dan (5) Model mental formal, siswa memahami konsep pada bilangan bulat dan dapat memberikan alasan sederhana secara tepat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63343

Actions (login required)

View Item View Item