Hakpantria (2018) Pengaruh strategi sirkuit memori dan gaya belajar terhadap kemampuan membaca dan menyimak teks siswa kelas V Sekolah Dasar / Hakpantria. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Hakpnatria. 2018. Pengaruh Strategi Sirkuit Memori dan Gaya Belajar Terhadap Kemampan Membaca dan Menyimak Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata Kunci strategi sirkuit memori gaya belajar kemampuan membaca kemampuan menyimak. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru kelas V di SDN Putat Kidul I dan SDN Putat Kidul 2 yang dilakukan diketahui bahwa kegiatan pembelajarannya siswa masih kesulitan dalam memahami suatu bacaan dalam pembelajaran dan kurangnya motivasi dalam belajar khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang aktif karena partisipasi aktif siswa masih kurang dalam membaca suatu teks maupun menyimak. Hal ini berdampak pada berkembangnya pola pikir dan pemahaman siswa terhadap materi yang sedang dipelajar yang akhirnya menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi kemampuan membaca dan kemampuan menyimak antara siswa yang diajar menggunakan strategi sirkuit memori dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan gaya belajar visual auditori dan read. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan rancangan penelitiannya menggunakan Factorial Design 2x2. Subjek penelitian sebanyak 43 siswa. 21 siswa kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang didapatkan dari penelitian ini yaitu dianalisis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) yang terdiri dari uji Multivariate dan Test of Between Subjects Effects untuk mengetahui pengaruh dan interaksi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan analisis Manova dan diketahui hasil kemampuan membaca menunjukkan nilai fhitung sebesar 37 818 dengan nilai signifikan sebesar 0 000 (p 0 05) sedangkan pada hasil kemampuan menyimak menunjukkan hasil fhitung sebesar 13 365 dengan nilai signifikan 0 001 (p
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63342 |
Actions (login required)
View Item |