Peningkatan hasil belajar IPA pada materi energi bunyi melalui model guided inquiry di kelas IV SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Aminatul Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA pada materi energi bunyi melalui model guided inquiry di kelas IV SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Aminatul Laili

Laili, Aminatul (2016) Peningkatan hasil belajar IPA pada materi energi bunyi melalui model guided inquiry di kelas IV SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Aminatul Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laili Aminatul. 2016. PeningkatanHasilBelajar IPA padaMateriEnergiBunyiMelalui Model Guided Inquiry di KelasIV SDNGaprang 01 KabupatenBlitar. Skripsi.Jurusan KSDP FakultasIlmuPendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dra.LilikBintartik M.Pd (II) Dra. Widayati M.H. Kata Kunci peningkatan hasilbelajar IPA model GuidedInquiry. Hasilobservasiawal yang dilakukanpeneliti di kelas IV SDN Gaprang 01 KabupatenBlitarpadapembelajaran IPA menunjukkanbahwa (1)pembelajaranbersifatmonotondandidominasiolehpenjelasan guru denganmetodeceramah (2) aktivitassiswarendah (3) siswatidaktermotivasiuntukmenyampaikanpertanyaanmaupunpendapatdan (4) hasilbelajar IPA rendahdengannilai rata-rata dibawah KKM danhanya 35% siswatuntas. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapandanpeningkatanhasilbelajar IPA melalui model pembelajaranGuided Inquiry. PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifjenisPenelitianTindakanKelas (PTK).Penelitiandilaksananakandalam 2 siklusdengantahapan (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasidan (d) refleksi. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikobservasi dokumentasi wawancara catatanlapangan dantes.Teknikanalisis data yang digunakanmeliputireduksi data penyajian data danpenarikankesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukkanpenerapan model Guided Inquiry dilaksanakanoleh guru padasiklus I mencapai 96% (ketegorisangatbaik) danmeningkatpadasiklus II menjadi 100% (kategorisangatbaik) aktivitassiswapadasiklus I mencapai 82% (kategoribaik) meningkatpadasiklus II menjadi 90% (kategorisangatbaik).Terjadipeningkatanhasilbelajarpadaranahafektif psikomotordankognitif.Nilai rata-rata kognitifsiswapadapratindakansebesar 66 dengankentuntasanklasikal 35% (kategorisangatkurang) meningkatpadasiklus I dengannilai rata-rata 78 danketuntasanklasikal 76% (kategoricukup) danpadasiklus II nilai rata-rata mencapai 94denganketuntasanklasikal 94% (kategorisangatbaik). Nilaihasilbelajarpadaranahafektifaspekingintahumaupunkerjasamasertaranahpsikomotoraspekmengkomunikasikanjugamengalamipeningkatan. Hasilpenelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan model Guided Inquiry dalampembelajaran IPA materienergibunyitelahdilaksanakanoleh guru dansiswadengansangatbaikdandapatmeningkatkanhasilbelajar IPA siswakelas IV SDN Gaprang 01 KabupatenBlitar.Untukitudiharapkan guru dapatmenerapkanmodel pembelajaranGuided Inquiry untukmenciptakanpembelajaran yang aktifdanmenyenangkansehinggadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6334

Actions (login required)

View Item View Item