Pelaksanaan gerakan literasi sekolah (studi multi situs pada SDN Kauman I, SDN Tunjungsekar I dan SD Islamic Global School Kota Malang) / Datuk Dwi Febriyanto

Febriyanto, Datuk Dwi (2018) Pelaksanaan gerakan literasi sekolah (studi multi situs pada SDN Kauman I, SDN Tunjungsekar I dan SD Islamic Global School Kota Malang) / Datuk Dwi Febriyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xvii RINGKASAN Febriyanto, Datuk Dwi. 2018. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Studi Multi Situs Di SDN Kauman I, SDN Tunjungsekar I dan SD Islamic Global School Kota Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd dan pembimbing (II): Dr. Imam Agus Basuki, M.Pd. Kata Kunci: persepsi tentang GLS, pelaksanaan GLS, kendala pelaksanaan GLS Gerakan literasi sekolah merupakan program kegiatan yang digagas oleh pemerintah yang berguna untuk membuat seluruh siswanya menjadi literat. Kegiatan mendasar dari program ini yaitu menumbuhkan pembiasaan membaca pada siswa sekolah. Penelitian tentang pelaksanan gerakan literasi sekolah mengambil tempat penelitian ditiga sekolah yang berbeda yaitu di SDN Kauman I, SDN Tunjungsekar I dan SD Islamic Global School Kota Malang. Pengambilan tempat penelitian tersebut karena sekolah tersebut telah menerapkan GLS dan dulunya sudah menerapkan pembiasaan membaca di pagi hari. fokus penelitian ini meliputi persepsi kepala sekolah, guru dan siswa tentang GLS, pelaksanaan GLS, dan kendala yang dihadapai dalam melaksanakan GLS. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian multi situs. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penentuan informan dengan menggunakan rondom sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif milik milles dan huberman yang melibatkan pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, cek keabsahan data mengunakan (1) uji kredibilitas melalui triangulasi sumber, teknik dan waktu, (2) tranferabilitas, (3) dependabilitas, dan (4) konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi kepala sekolah, guru dan siswa tentang GLS yaitu GLS merupakan kegiatan pembiasaan memaca yang sasaran utamanya yaitu guru dan siswa serta bermanfaat untuk meningkatkan minat baca dan menambah wawasan, (2) pelaksanaan GLS dilakukan setiap hari di pagi hari sebelum pembelajaran dimulai dengan waktu 15 menit, (3) sarana literasi yang tersedia yaitu perpustakaan, area baca sekolah dan sudut baca yang telah dilengkapi dengan bahan pustaka literasi dan bahan kaya teks, dan (4) kendala pelaksanaan GLS berasal dari siswa dan perpustakaan yaitu adanya rasa malas membaca dan berlum adanya tenaga keperpustakaan yang memiliki keahlian khusus dibidangnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63339

Actions (login required)

View Item View Item