Pelaksanaan pembelajaran Outdoor di kelas IV pada Sekolah Dasar berbasis Sekolah Alam Purwakarta / Indirga Arrum Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran Outdoor di kelas IV pada Sekolah Dasar berbasis Sekolah Alam Purwakarta / Indirga Arrum Puspita Sari

Sari, Indirga Arrum Puspita (2018) Pelaksanaan pembelajaran Outdoor di kelas IV pada Sekolah Dasar berbasis Sekolah Alam Purwakarta / Indirga Arrum Puspita Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sari Indirga Arrum Puspita. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Outdoor di Kelas IV pada Sekolah Dasar Berbasis Sekolah Alam Purwakarta. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar. M.Pd Pembimbing (2) Prof. Dr. Cholis Sa dijah. M.Pd. MA. Kata kunci Pembelajaran Outdoor Sekolah Alam. Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti terhadap pembelajaran di Sekolah Alam Purwakarta diperoleh hasil bahwa pembelajaran pada sekolah tersebut lebih banyak menggunakan pembelajaran outdoor. Pembelajaran outdoor yang dimaksud diantaranya yaitu Outbound Olah Raga Farming Cooking Class dan Home Visit. Hal tersebut menarik untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Fokus masalah penelitian meliputi 1) proses perencanaan 2) pelaksanaan 3) evaluasi 4) dampak pembelajaran outdoor 5) kendala guru di dalam pembelajaran serta 6) upaya guru dalam mengatasi kendala pembelajaran outdoor. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus. Pengolahan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian difokuskan pada kelima kegiatan pembelajaran outdoor (Outbound Olah Raga Farming Cooking Class dan Home Visit) yang telah sampaikan di atas. Subyek penelitian yaitu Sekolah Alam Purwakarta dengan informan meliputi peserta didik kelas IV yang beranggotakan 20 orang fasilitator/guru kepala sekolah dan kepala yayasan. Hasil penelitian dijabarkan sebagai berikut. Pertama proses perencanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan sesuai dengan kurikulum Sekolah Alam. Kedua proses pelaksanaan pembelajaran outdoor dapat berdampak munculnya nilai-nilai karakter pada diri peserta didik. Ketiga proses evaluasi berjalan dengan baik meskipun belum diketemukan adanya penilaian autentik berupa rubrik penilaian pada masing-masing pembelajaran outdoor. Keempat pembelajaran outdoor berdampak pada tumbuhnya nilai-nilai karakter pada peserta didik diantaranya nilai karakter disiplin bertangung jawab toleransi cinta damai kreatif peduli terhadap sosial memiliki rasa ingin tahu yang tinggi peduli terhadap lingkungan dan religius. Kelima terdapat kendala pada masing-masing kegiatan pembelajaran outdoor namun guru/fasilitator pembelajaran dapat mengatasinya dengan baik dan sigap. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan kegiatan pembelajaran outdoor yang dilaksanakan di Sekolah Alam Purwakarta serta dapat dijadikan bahan perbandingan untuk penelitian-penelitian selanjutnya. Peneliti selanjutnya dapat mencermati pembelajaran outdoor pada aspek proses evaluasi yang digunakan sekolah alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63338

Actions (login required)

View Item View Item