Pengembangan bahan ajar tematik melalui metode kisah Qur'ani kelas II Madrasah Ibtidaiyah Islkamiyah Genukwatu Ngoro Kabupaten Jombang / Alfin Kholifatur Rosyidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tematik melalui metode kisah Qur'ani kelas II Madrasah Ibtidaiyah Islkamiyah Genukwatu Ngoro Kabupaten Jombang / Alfin Kholifatur Rosyidah

Rosyidah, Alfin Kholifatur (2018) Pengembangan bahan ajar tematik melalui metode kisah Qur'ani kelas II Madrasah Ibtidaiyah Islkamiyah Genukwatu Ngoro Kabupaten Jombang / Alfin Kholifatur Rosyidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xiv RINGKASAN Rosyidah Alfin Kholifatur 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Melalui Metode Kisah Qur ani Kelas II Madrasah Itidaiyah Islamiyah Genukwatu Ngoro Kabupaten Jombang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M. Pd (2) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M. Pd M. Ed. Kata kunci Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik Metode Kisah Qur ani Madrasah Ibtidaiyah Salah satu faktor yang mempengaruhi suatu proses pembelajaran adalah ketersediaannya bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan idealnya harus sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 yaitu bahan ajar tematik. Berdasarkan hasil analisis bahan ajar observasi wawancara menunjukkan bahwa belum tersedia bahan ajar tematik untuk mata pelajaran agama. Bahan ajar tematik hanya tersedia untuk mata pelajaran umum. Penelitian ini dimasudkan untuk menghasilkan bahan ajar tematik melalui metode kisah Qur ani pada tema merawat hewan dan tumbuhan sub.tema hewan di sekitarku yang valid praktis dan efektif. Kisah Qur ani yang termuat dalam bahan ajar meliputi kisah (1) kucing (2) laba-laba dan burung dara (3) semut (4) sapi betina dan (5) domba. Penelitian dan pengembangan ini mengunakan model Dick Carey (2009) sampai pada tahap kesembilan meliputi (1) analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan umum (2) analisis pembelajaran (3) analisis siswa dan lingkungan (4) merumuskan tujuan khusus pembelajaran (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) memilih dan mengembangkan bahan pelajaran (8) merancang dan melakukan evalusi formatif dan (9) merevisi bahan pembelajaran. Hasil validasi produk dari ahli materi mencapai 76 36% dengan kriteria valid dan dapat digunakan dengan revisi kecil. Hasil validasi produk dari ahli desain mencapai 89 72% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Uji coba perorangan dilakukan oleh 3 siswa dengan respon sangat positif mencapai 3 73 dan uji keterbacaan mencapai 93 33%. Uji coba skala kecil dilakukan oleh 6 siswa dengan respon sangat positif mencapai 3 83 dan uji keterbacaan mencapai 95 83%. Uji coba lapangan dilakukan oleh 38 siswa menunjukkan aktivitas siswa mencapai 92 82% dengan kriteria sangat aktif aktivitas guru mencapai 90 82% dengan kriteria sangat aktif respon guru mencapai 93 15% respon siswa mencapai 90 85% dan hasil belajar (kognitif afektif dan psikomotor) rata-rata mncapai 87 59% dengan kriteria tuntas. Berdasarkan skor hasil aktivitas guru aktivitas siswa dan respon guru menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan praktis. Berdasarkan skor hasil belajar dan respon siswa menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan efektif. Berdasarkan data hasil uji coba produk diketahui kelebihan bahan ajar tematik yaitu (1) produk terintegrasi antara materi pelajaran umum xv dan materipelajaran agama (2) terdapat sebuah kisah yang menarik pada setiap pembelajaran (3) mengenalkan siswa tentang kisah-kisah hewan yang terdapat pada Al-Quran maupun pada kisah nabawi (4) menumbuhkan rasa cinta Al-Qur an dan (5) memiliki tingkat kelayakan kepraktisan dan keefektifan produk yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63337

Actions (login required)

View Item View Item