Pendidikan karakter di SDIT Robbani Banjarbaru / Kurniawati

Kurniawati (2018) Pendidikan karakter di SDIT Robbani Banjarbaru / Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Kurniawati. 20018. Pendidikan Karakter di SDIT Robbani Banjarbaru. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. SaÔÇÖdun Akbar, M.Pd., (II) Prof. Dr. Cholis SaÔÇÖdijah, M.Pd., M.A. Kata Kunci: pendidikan karakter, sekolah dasar Karakter baik merupakan modal utama manusia untuk menjadi bangsa yang mampu mewujudkan kehidupan aman dan sejahtera. Pembangunan karakter siswa merupakan tugas bersama antara orangtua, sekolah, dan masyarakat sekitar. Lingkungan sekolah utamanya sangat berpengaruh terhadap proses pendidikan siswa yang merupakan lembaga kedua setelah keluarga. Penelitian tentang pendidikan karakter di SDIT Robbani Banjarbaru Kalimantan Selatan dipilih sebagai sasaran penelitian berdasarkan studi di lapangan, bahwa SDIT Robbani Banjarbaru merupakan lembaga pendidikan formal yang bercirikan agama Islam sebagai landasan hidup sehari-hari. Salah satu sekolah yang mempunyai banyak catatan prestasi akademik ataupun non-akademik, dengan visi sekolah yang berbunyi ÔÇ£mewujudkan generasi yang berakhlak karimah, berprestasi, dan cinta lingkunganÔÇØ. Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter yang tepat di lembaga pendidikan terutama pada sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti berperan sebagai perancang, pengumpul data, penganalisis data, hingga penyususan laporan penelitian. Pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Maka dari itu, peneliti terjun langsung ke SDIT Robbani Banjarbaru dalam megumpulkan data hingga penyusunan laporan penelitian. Hasil temuan penelitian menunjukkan pendidikan karakter di SDIT Robbani Banjarbaru dilaksanakan yakni dengan proses belajar di kelas persiapan yang optimal sebelum pembelajaran seperti RPP, terjalin interaksi yang kuat antara guru dan siswa, siswa memiliki disiplin tinggi , dan tata tertib kelas yang dibuat atas kesepakatan bersama. Budaya sekolah yang dikembangkan dengan pembiasaan teladan, pembiasaan rutin, pembiasaan terprogram, dan pembiasaan spontan, seperti budaya 5S (salam, senyum, sapa, sopan, dan santun), menjalin ukhuwah persaudaraan dan menjaga kebersihan lingkungan dengan kegiatan jumÔÇÖat bersih, gerakan lima menit, dan tabungan sampah di bank sampah sekolah. Kegiatan esktrakurikuler yang dikembangkan yaitu taekwondo, menulis, tilawatil QurÔÇÖan, badminton, paduan suara, pildacil (bakisah), mendongeng, panahan, hasta karya, menggambar (mewarnai), rebana (maulid habsyi), dan atletik. Masyarakat melalui kegiatan FSOG, adiwiyata, milad sekolah, dan kegiatan lainnya, serta lembaga luar sekolah yang ikut berpartisipasi dan mendukung program sekolah. Adapun karakter yang nampak pada siswa di sekolah yaitu sikap religius, disiplin, jujur, tanggung jawab, mandiri, toleransi, saling menghargai, bekerja sama, peduli sosial, cinta tanah air, dan semangat belajar. Saran berdasarkan penelitian sebagai rujukan dan informasi yang dapat disebarluaskan untuk menerapkan pendidikan karakter dengan berbagai pendekatan agar mencapai hasil yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63336

Actions (login required)

View Item View Item