Milla, Kardiani Izza Ell (2018) Analisis teks buku siswa kelas V SD kurikulum 2013 edisi 2017 / Kardiani Izza Ell Milla. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Milla Kardiani Izza Ell. 2018. Analisis Teks Buku Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013 Edisi 2017. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd Kata Kunci Analisis teks Kurikulum 2013 Jenis teks Perkembangan Kebahasaan Siswa SD Konten Teks Membaca merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam proses pembelajaran karena dengan membaca siswa akan mendapatkan pengetahuan baru. Membaca dalam kegiatan pembelajaran seringkali dihubungkan dengan teks yang tersedia pada buku teks. Pembelajaran berbasis teks merupakan dasar pengembangan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indonesia ranah pengetahuan dan ketrampilan dalam Kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis teks buku siswa kelas V Kurikulum 2013 edisi 2017. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) teks berdasarkan teori jenis 2) teks berdasarkan teori perkembangan kebahasaan siswa dan 3) teks berdasarkan konten teks pada teks buku siswa tematik kelas V SD Kurikulum 2013 edisi 2017. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif-kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini merupakan instrumen utama dilengkapi dengan instrumen penunjang berupa panduan analisis. Sumber data pada penelitian ini berupa 21 teks yang berasal dari tiga seri buku siswa kelas V SD Kurikulum 2013 edisi 2017 yang terbagi dalam lima jenis teks yaitu teks LHO eksposisi cerita ulang eksplanasi dan narasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pembacaan intensif dan berulang sebuah data teks melalui panduan analisis data. Analisis data dimulai dari tahapan pengumpulan satuan data yang dilanjutkan reduksi penyajian data dan penarikan simpulan sesuai dengan alur analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua jenis teks yang disajikan dalam buku siswa kelas V SD Kurikulum 2013 edisi 2017 sesuai dengan teori teks yang dikemukakan oleh Anderson (2003). Kesesuaian tersebut meliputi (1) tujuan teks (2) struktur teks dan (3) ciri kebahasaan teks dari masing-masing jenis teks. Kelima jenis teks ini secara umum sudah sesuai dengan teori teks. Latihan aktivitas membaca pada hampir keseluruhan teks telah mendukung ketrampilan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan hasil analisis perkembangan kebahasaan siswa kelas V ditemukan bahwa teks telah mendukung perkembangan kebahasaan bahasa cakupan perkembangan pemahaman kata kalimat dan kompetensi komunikasi. Berdasarkan hasil analisis konten teks ditemukan bahwa teks telah sesuai keluasan materi dalam teks kedalaman materi dalam teks pemilihan teks keotentikan materi kesesuaian materi dengan perkembangan ilmu kemutakhiran wacana contoh dan latihan serta ketersajiaan lingkungan. Simpulan dari penelitian ini yaitu kelima jenis teks yang ada di buku siswa secara umum sudah sesuai dengan teori teks dengan latihan aktivitas membaca pada hampir keseluruhan teks telah mendukung ketrampilan berpikir tingkat vi tinggi. Penggunaan konsep waktu dan suasana klausa subordinat yang diawali dengan ketika jika karena huruf konsonan ganda bentuk alternatif suatu kosakata struktur kalimat (informasi sintaktis) seluruh pola kompleks dan predikat gabungan media dan papan baca dan bahasa untuk merangkai dugaan dan membayangkan konsekuensi telah sesuai teori perkembangan kebahasaan siswa. Berdasarkan konten teks Materi yang ada pada teks buku siswa kelas V SD Kurikulum 2013 Edisi 2017 belum dapat memenuhi perkembangan keilmuan karena terdapat informasi dan sumber yang tidak dapat dipertanggung jawabkan dengan tidak mencantumkan sumber serta menggunakan sumber dari artikel bebas di internet. Sementara itu materi yang ada pada teks belum dapat memenuhi kemutakhiran suatu teks karena terdapat kesalahan berbahasa pada sebagian besar teks. Dari temuan penelitian saran penelitian terbagi menjadi tiga yaitu (1) bagi guru sebagai penyusun latihan dapat memberikan latihan yang mendukung perkembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi pada aktivitas setelah membaca teks terutama pada jenis teks narasi (2) bagi penyusun buku dapat menyempurnakan konten teks dengan menggunakan materi ilmu pengetahuan dari buku sebagai sumber asli teks dan melakukan perbaikan dari kesalahan berbahasa yang ada dalam teks. (3) bagi peneliti selanjutnya harus lebih mengutamakan kecermatan dan ketepatan dalam menganalisis data verbal berupa teks dengan penafsiran yang lebih mendalam untuk memahaminya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63335 |
Actions (login required)
View Item |