Implementasi penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Lowokwaru 2 Kota Malang / Ryan Ristya Shandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Lowokwaru 2 Kota Malang / Ryan Ristya Shandy

Shandy, Ryan Ristya (2018) Implementasi penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Lowokwaru 2 Kota Malang / Ryan Ristya Shandy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shandy Ryan Ristya. 2018. Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri Lowokwaru 2 Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd (2) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd. Kata Kunci Nilai Karakter Penguatan Pendidikan Karakter Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah sesuai dengan Perpres No. 87 tahun 2017 tentang penyelenggaraan PPK di sekolah dasar dalam upaya memperkuat karakter peserta didik serta potret karakter yang tampak pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Lowokwaru 2 Kota Malang dengan maksud untuk mengumpulkan data terkait kegiatan intrakurikuler di sekolah dalam menanamkan nilai karakter kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Kegiatan observasi yang dilakukan peneliti mencakup pengamatan terkait kurikulum yang digunakan sekolah kondisi lingkungan sekolah kegiatan belajar mengajar di kelas dan sarana prasarana sekolah. Peneliti juga melakukan wawancara kepada beberapa narasumber yang dianggap dapat memberikan informasi terkait fokus penelitian. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (2009) dengan cara reduksi data kemudian dilanjutkan penyajian data dan yang terakhir penarikan simpulan Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan implementasi nilai karakter kegiatan intrakurikuler kepada peserta didik dapat dilakukan melalui kegiatan pembiasaan keteladanan guru dan program sekolah. Dari dua belas nilai yang terkandung dari nilai religius pada PPK hanya lima nilai yang tampak dari internalisasi yang terlihat yaitu cinta damai toleransi teguh pendirian percaya diri dan mencintai lingkungan. Penanaman nilai yang terkandung pada karakter nasionalis yang terlihat hanya lima dari sepuluh nilai yang ada pada nilai nasionalis yaitu taat hukum disiplin cinta tanah air menjaga lingkungan dan unggul. Penanaman nilai mandiri yang terlihat hanya tiga dari tujuh nilai mandiri yang terkandung yaitu kerja keras keberanian dan kreatif. Penanaman nilai gotong royong yang terlihat lima dari sembilan yang nilai yang terkandung yaitu menghargai kerja sama tolong menolong solidaritas dan musyawarah mufakat. Penanaman nilai integritas yang terlihat hanya tiga nilai dari delapan nilai yang terkandung yaitu tanggung jawab kejujuran dan anti korupsi. Hasil dari pengamatan peneliti selama di lapangan terdapat 15 perilaku karakter yang tampak tertanam pada pribadi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63334

Actions (login required)

View Item View Item