Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPS berbasis kearifan lokal boso walikan Malang / Septia Nur Aini

Aini, Septia Nur (2018) Pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPS berbasis kearifan lokal boso walikan Malang / Septia Nur Aini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Aini, Septia Nur. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran IPS berbasis kearifan lokal Boso Walikan Malang. Tesis, Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Dra. Siti Malikhah Towaf, M.A, Ph.D (2) Dr. Yuniastuti, S.H, M.Pd. Kata kunci: multimedia interaktif, IPS, boso walikan malang. Pendidikan adalah satu upaya yang dapat ditempuh untuk meraih tujuan bangsa yang tertulis dalam pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan di Indonesia menghadapi berbagai problematika dalam implementasinya. Salah satu problem yang seringkali terjadi adalah rendahnya ketertarikan peserta didik terhadap proses pembelajaran. Penelitian pengembangan dimaksudkan untuk menghasilkan media belajar yang juga merupakan sumber belajar dalam pembelajaran IPS kelas VII. Dengan adanya pengembangan ini diharapkan menghasilkan multimedia interaktif yang efektif, efisien, menarik, tepat, dan praktis digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian dan pengembangan dilaksanakan di SMP Negeri7 Malang. Model pengembangan multimedia yang digunakan merujuk model Lee & Owen yang memiliki 5 tahap. Tahapan tersebut adalah analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian pengembangan ini adalah teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data validasi ahli media diperoleh hasil dengan persentase 98,2%, persentase tersebut memenuhi kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan tanpa perubahan. Hasil analisis data validasi ahli materi diperoleh hasil dengan persentase 85,4%, persentase yang diperoleh masuk dalam kriteria sangat valid, sehingga dapat digunakan tanpa perubahan. Perolehan data dari uji kelompok kecil didapat persentase 85,9%, persentase tersebut memenuhi kriteria sangat valid sehingga dapat digunakan tanpa perubahan. Hasil analisis data dari uji coba kelompok besar diperoleh persentase 87.2%, perolehan tersebut memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan dan tanpa revisi. Hasil analisis data respon pendidik terhadap multimedia interaktif boso walikan malang memperoleh persentase sebesar 89,3% dan memenuhi kriteria sangat valid digunakan dan tanpa revisi. Berdasarkan perolehan data-data dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengembangan multimedia interaktif untuk mata pelajaran IPS berbasis kearifan lokal boso walikan malang sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Produk multimedia interaktif ini diharapkan dapat ditingkatkan dengan materi IPS yang lain dengan tambahan materi kearifan lokal yg lain, sehingga peserta didik tidak hanya belajar IPS tetapi juga mengenal kearifan lokal daerahnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63333

Actions (login required)

View Item View Item