Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media manopoli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 4 / Wahayu Wulan Sugih Arto

Arto, Wahayu Wulan Sugih (2018) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media manopoli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 4 / Wahayu Wulan Sugih Arto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugih Arto Wahayu Wulan. 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Monopoli untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd M.Ed Kata Kunci NHT Media Monopoli Aktivitas Belajar Hasil Belajar IPS Dari hasil pengamatan terlihat bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan selama ini kurang efektif. Proses pembelajaran masih berpusat pada guru menggunakan metode ceramah guru menggunakan media papan tulis dan buku sumber yang ada belum membangkitkan aktivitas belajar ketika berdiskusi hasil belajar masih rendah cara mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan cara penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan media monopoli. model pembelajaran NHT berbantuan media monopoli merupakan pembelajaran yang mengasikkan atau menyenangkan sehingga siswa tidak bosan mengikuti pelajaran dan permainan ini memberikan kesempatan siswa dan kelompok untuk melatih berpendapat meningkatkan rasa percaya diri memiliki rasa tanggung jawab saling bergotongroyong untuk mencari solusi. Sehingga meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini dilakukan untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi disekolah tersebut. Penelitian ini dilaksanakan III siklus masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian di SD Negeri Tunggul Wulung II Kota Malang tahun pelajaran 2018/2019 jumlah keseluruhan siswa 33 yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) berbantuan media monopoli dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Dilihat dari hasil observasi siswa aktivitas siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan.Dari hasil penelitian ini dalam proses pembelajaran guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran namun guru harus memilih model yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Aktivitas dan hasil belajar siswa yang telah dicapai oleh siswa sebaiknya dipertahankan atau lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63331

Actions (login required)

View Item View Item