Pengembangan media pembelajaran berbasis web subtema Indahnya persatuan dan kesatuan bagi siswa kelas IV sekolah dasar / Sisca Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis web subtema Indahnya persatuan dan kesatuan bagi siswa kelas IV sekolah dasar / Sisca Wulandari

Wulandari, Sisca (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis web subtema Indahnya persatuan dan kesatuan bagi siswa kelas IV sekolah dasar / Sisca Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Sisca. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WebSubtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan bagi Siswa kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Munzil M.Si (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd. Kata kunci media pembelajaran web tematik sekolah dasar. Kurikulum 2013 pada jenjang sekolah dasar mengusung pendekatan tematik dalam proses pembelajaran. Selain itu Kurikulum 2013 juga mengacu pada pendidikan abad ke-21. Setiap elemen pendidikan diharuskan melakukan inovasi terutama dalam media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar saat ini yaitu media yang berinteraksi dengan internet. Salah satunya yaitu media pembelajaran berbasis Web.Media pembelajaran berbasis Web jarang digunakan karena adanya pandangan negatif masyarakat tentang internet. Cara mengantisipasinya yaitu dengan menerapkan literasi digital dalam pembelajaran. Oleh karena itu penting untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Web yang mengacu pada pembelajaran tematik dan dapat mengakomodasi penerapan literasi digital di jenjang sekolah dasar. Metode yang diterapkan yaitumetode penelitian pengembangan. Penelitian pengembangan menggunakan model Lee Owens yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis desain pengembangan implementasi dan evaluasi. Penelitian pengembangan ini dilakukan mengikuti semua tahap. Setelah media selesai dikembangkan media divalidasi oleh para ahli diuji kelompok kecil dan diuji efektifitas(1) hasil belajar Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan dan (2) literasi digital melalui rancangan eksperimen kuasi. Media pembelajaran berbasis Web Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan bagi siswa kelas IV sekolah dasar dinyatakan valid praktis menarik dan efektif. Hal itu dapat dilihat dari hasil validasi oleh ahli materi yaitu sebesar 95 00% ahli media sebesar 85 81% dan ahli penerapan lapangan sebesar 83 33%. Pada hasil uji kelompok kecil terlihat bahwa Web yang dikembangkan sangat praktis dan menarik. Selain itu Hasil uji tposttest pada uji efektifitas menyatakan bahwa H0 ditolak. Hal ini berarti bahwamedia pembelajaran berbasis Web yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan serta dapat meningkatkan literasi digital siswa kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63330

Actions (login required)

View Item View Item