Peningkatan pemahaman koperasi dalam menyejahterakan masyarakat melalui model mind mapping di kelas IV SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Chilya Anora Puspitasari

Puspitasari, Chilya Anora (2016) Peningkatan pemahaman koperasi dalam menyejahterakan masyarakat melalui model mind mapping di kelas IV SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Chilya Anora Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anora, Puspitasari, Chilya 2016, PeningkatanPemahamanKoperasi dalam Menyejahterakan Masyarakat Melalui Model Mind Mapping di Kelas IV SDN Gaprang 01 kabupaten Blitar, Skripsi, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing (1) Suwarti, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. H. SuhelMadyono, S.Pd, M.Pd Kata kunci: pemahaman, koperasi, model pembelajaranmindmapping Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gaprang 01 kabupaten Blitar pada siswa kelas IV dengan jumlah 17 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman siswa terhadap materi koperasi dalam menyejahterakan masyarakat masih sangat kurang, sehingga hasil belajar siswa rendah. Siswa masih belum dapat memahami materi koperasi karena guru mengajar masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan penerapan model mind mapping pada materi koperasi dalam menyejahterakan masyarakat di kelas IV Semester 2 SDN Gaprang 01 kabupaten Blitar dan penimgkatan pemahaman koperasi dalam menyejahterakan masyarakat melalui model mind mapping dikelas IV SDN Gaprang 01 kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan kelas. Pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model mind mapping pada materi koperasi dalam menyejahterakan masyarakat dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari persentase aktivitas guru siklus I pertemuan 1 sebesar 71%, pertemuan 2 sebesar 78%, siklus II pertemuan 1 sebesar 86% , dan pertemuan 2 sebesar 93%. Persentase aktivitas siswa dari siklus I pertemuan 1 sebesar 71%, pertemuan 2 sebesar 78%, siklus II pertemuan 1 sebesar 86%, pertemuan 2 sebesar 93%. Persentase ketuntasan untuk pemahaman siswa dari siklus I pertemuan 1 sebesar 18%, pertemuan 2 sebesar 71%, siklus II pertemuan 1 sebesar 82%, pertemuan 2 sebesar 88%. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa model mind mapping dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang koperasi dalam menyejahterakan masyarakat pada siswa kelas IV SDN Gaprang 01 kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dapat menerapkan model mind mapping pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan aktivitas siswa dan pemahaman siswa terhadap suatu materi sehingga kualitas pembelajaran di sekolah dapat meningkat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item