Penerapan permainan Engklek Bulan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna Kelompok A di TK Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri / Putri Kurnia

Kurnia, Putri (2018) Penerapan permainan Engklek Bulan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna Kelompok A di TK Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri / Putri Kurnia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Kurnia Putri.2018. Penerapan Permainan Engklek Bulan untuk Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Benda Berdasarkan Bentuk dan Warna Kelompok A di Tk Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar. Pascasrjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.H. Ibrahim Bafadal.M.Pd (2) Dr. M.Ramli.M.A Kata Kunci penerapan permainan engklek bulan klasifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna kelompok A. Berdasarkan hasil observasi tentang kemampuan kognitif anak di TK Dharma Wanita Plosokidul Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018 terdapat beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut meliputi keterlaksanaan pembelajaran dan kemampuan anak dalam klasifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna. Ketika kegiatan pembelajaran anak sulit dikendalikan kegiatan pembelajaran fokus pada lembar kerja anak tidak tertarik mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan kognitif anak dalam klasifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna pada kelompok A. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan acuan model yang dikembangkan Kemis MC Taggart dan kolaborasi dengan guru. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan dan pengamatan refleksi dan revisi. Subjek penelitian ini sebanyak 20 anak kelompok A di TK Dharma Wanita Plosokidul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif diperoleh dari analisis hasil wawancara dan kejadian ketika pelaksanaan pembelajaran. Deskriptif kuantitatif diperoleh dari skor keterlaksanaan penerapan permainan engklek bulan dan skor yang diperoleh anak pada aspek kognitif dalam klasifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna. Berdasarkan dari hasil penerapan permainan engklek bulan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Skor keterlaksaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ada siklus I sebesar 76% sedangkan pada siklus II memperoleh skor 82%. Peningkatan skor keterlaksanaan pembelajaran berdampak pada meningkatnya aspek kognitif anak dalam kalsifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna. Pada siklus I anak yang tuntas sebanyak 60% sedangkan pada siklus II memperoleh skor 80%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan engklek bulan dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi benda berdasarkan bentuk dan warna. Saran pada guru sebaiknya dalam melakukan kegiatan pembelajaran melalui permainan. Sedangkan pada peneliti lain dapat melakukan penelitian untuk menguji efektifitas penerapan pembelajaran melalui permainan engklek.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63329

Actions (login required)

View Item View Item