Pengembangan multimedia interaktif subtema manusia dan lingkungan terintegrasi nilai karakter kelas V sekolah dasar / Yenis Vila Dwi Nurmanika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif subtema manusia dan lingkungan terintegrasi nilai karakter kelas V sekolah dasar / Yenis Vila Dwi Nurmanika

Nurmanika, Yenis Vila Dwi (2018) Pengembangan multimedia interaktif subtema manusia dan lingkungan terintegrasi nilai karakter kelas V sekolah dasar / Yenis Vila Dwi Nurmanika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurmanika Yenis Vila Dwi. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Subtema Manusia dan Lingkungan Terintegrasi Nilai Karakter Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (II) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd Kata Kunci Multimedia Interaktif Tematik Nilai Karakter Sekolah Dasar Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang sekolah memiliki fasilitas teknologi laboratorium komputer dan LCD. Karakteristik belajar siswa rata-rata audiovisual. Sumber belajar yang digunakan buku guru dan buku siswa kurikulum 2013 revisi 2017 dari terbitan pemerintah dan belum ada media penunjang berbasis teknologi khususnya pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Subtema Manusia dan Lingkungan. Kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai karakter sehingga perlu adanya pengembangan multimedia interaktif yang terintegrasi dengan nilai karakter. Tujuan penelitian pengembangan ini menghasilkan multimedia interaktif Subtema Manusia dan Lingkungan yang Terintegrasi Nilai Karakter kelas V sekolah dasar yang valid praktis dan menarik. Kemudian menguji keefektifan produk melalui hasil belajar siswa setelah menggunakan produk dalam pembelajaran. Produk yang dikembangkan berupa multimedia interaktif menggunakan model Lee Owens (2004) yang terdapat lima tahap proses pengembangan meliputi 1) analisis a)analisis kebutuhan b)analisis awal-akhir 2) desain 3) pengembangan 4) implementasi 5) evaluasi). Untuk menguji kelayakan produk dilakukan uji validasi dan uji coba. Uji validasi dilakukan kepada ahli media ahli materi dna praktisi yakni guru kelas V-B. Uji coba dilakukan dua kali yang pertama uji coba kelompok kecil sebanyak 8 siswa. Setelah uji coba kelompok kecil direvisi berdasarkan catatan saran yang diberikan kemudian dilakukan uji coba lapangan sasarannya yaitu seluruh siswa kelas V-B sebanyak 23 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil rata-rata persentase yang diperoleh berdasarkan angket. Data kualitatif diperoleh dari tanggapan dan saran dari validator maupun pengguna. Produk yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dan dapat digunakan. Dari hasil validasi media dan validasi materi diperoleh persentase rata-rata sebesar 91 07% kepraktisan dari respon guru 100% respon siswa uji lapangan rata-rata 93 93% kemenarikan berdasarkan respon guru 100% respon siswa pada uji lapangan 93 60%. Sedangkan pada keefektifan media aspek koginitif mencapai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 95 30% aspek psikomotor mencapai ketuntasan rata-rata 91 30%. Produk multimedia interaktif yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa kelas V SD Muhammadiyah 08 Dau. Produk yang dikembangkan diharapkan sebagai alternatif media pembelajaran yang lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63328

Actions (login required)

View Item View Item