Astriyani (2018) Hubungan motivasi belajar, perhatian orang tua dan tindakan guru dengan prestasi belajar siswa broken home / Astriyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Astriyani. 2018. Hubungan Motivasi Belajar Perhatian Orang Tua dan Tindakan Guru dengan Prestasi Belajar siswa Broken Home. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd Pembimbing (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A Kata kunci motivasi belajar perhatian orang tua tindakan guru prestasi belajar broken home Prestasi belajar setiap siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Motivasi belajar perhatian orang tua dan tindakan guru merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Siswa dengan latar belakang keluarga broken home memiliki motivasi perhatian orang tua dan tindakan guru yang berbeda dengan siswa dengan latar belakang keluarga tidak broken home. Berdasarkan hasil observasi di SDN 029 Tarakan diketahui bahwa prestasi belajar siswa broken home tergolong rendah. Hal ini diperkuat oleh wawancara terhadap guru dan dokumentasi dari rapot siswa. Temuan observasi menyimpulkan bahwa siswa dengan latar belakang broken home memiliki motivasi belajar yang rendah memerlukan perhatian orang tua dan diperlukan tindakan guru yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi belajar perhatian orang tua dan tindakan guru dengan prestasi belajar secara parsial ataupun simultan dan sumbangan efektif terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN 029 Tarakan dengan subjek penelitian siswa dengan latar belakang broken home kelas IV dan V dengan jumlah sampel 50. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Penelitian dilakukan mengumpulkan data sampel dengan angket dan dokumentasi kemudian data yang diperoleh di analisis untuk mengetahui hubungan antar variabel. Analisis data diolah dengan SPSS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan kuat sekali dengan prestasi belajar sebesar 0.952 perhatian orang tua dengan prestasi belajar sebesar 0.932 dengan korelasi kuat sekali tindakan guru dengan prestasi belajar sebesar 0.968 dengan korelasi kuat sekali nilai korelasi secara simultan sebesar 365 3 yang mengindikasikan terdapat hubungan antara ketiga variabel dengan prestasi belajar secara simultan dan besar sumbangan efektif terhadap prestasi belajar sebesar 95 7% yang mendekati 100% sehingga ketig variabel tersebut memiliki sumbangan kuat terhadap prestasi belajar. SUMMARY Astriyani. 2018. Relationship Motivation Learning Attention Parents and Teacher Measures with Student Achievement Broken Home students. Thesis Graduate Program of State University of Malang. Advisor (I) Dr. Triyono M.Pd Advisor (II) Dr. Imanuel Hitipeuw M.A Keywords learning motivation parental attention teacher action learning achievement broken home The learning achievement of each student is influenced by several factors. Learning motivation parental attention and teacher actions are the factors that influence student achievement. Students with broken home backgrounds have motivation parental attention and teacher actions that are different from students with no broken home background. Based on the observation in SDN 029 Tarakan it is known that students learning achievement broken home is low. This is reinforced by teacher interviews and documentation of student rapot. The observational findings concluded that students with broken home backgrounds have low learning motivation require parental attention and appropriate teacher action is required. The purpose of this study was to determine the relationship between learning motivation parental attention and teacher action with partial or simultaneous learning achievement and effective contribution to student achievement. This research was conducted in SDN 029 Tarakan with the subject of student study with background of broken home class IV and V with sample number 50. This research use quantitative approach with research instrument used is questionnaire. The research was done collecting the sample data by questionnaire and documentation then the data obtained in the analysis to know the relationship between variables. Data analysis was processed by SPSS. The result of this research concludes that learning motivation has strong relation with learning achievement of 0.952 parental attention with learning achievement equal to 0.932 with very strong correlation teacher action with learning achievement equal to 0.968 with very strong correlation simultaneous correlation value of 365.3 indicates that there is a correlation between the three variables with simultaneous learning achievement and the effective contribution to the learning achievement of 95.7% approaching 100% so that the three variables have a strong contribution to the learning achievement.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63326 |
Actions (login required)
View Item |