Pengembangan buku ajar berbasis inkuiri kontekstual kelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang / Amalia Rizki Ardiansyah

Ardiansyah, Amalia Rizki (2018) Pengembangan buku ajar berbasis inkuiri kontekstual kelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang / Amalia Rizki Ardiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ardiansyah, Amalia Rizki. 2018. Pengembangan Buku Ajar Berbasis Inkuiri Kontekstual Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., M.A., M.Si., (2) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd. Kata Kunci: buku ajar, inkuiri kontekstual, sekolah dasar. Keberhasilan implementasi pembelajaran tematik Kurikulum 2013 di kelas sangat ditentukan oleh pemahaman para pemangku kepentingan, utamanya yaitu guru. Seorang guru harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran tematik yang sesuai dengan kondisi kelas. Salah satu perangkat pembelajaran tematik yang utama digunakan dalam pembelajaran yaitu buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar berbasis inkuiri kontekstual untuk kelas IV Sekolah Dasar di Kota Malang yang layak, menarik, praktis dan efektif. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model Dick & Carey yang disederhanakan peneliti menjadi sembilan tahap: (1) mengidentifikasi tujuan, (2) melakukan analisis pembelajaran, (3) menganalisis siswa dan konteks pembelajaran, (4) merumuskan tujuan pembelajaran, (5) mengembangkan instrumen penilaian, (6) mengembangkan strategi pembelajaran, (7) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran,( 8) melakukan evaluasi formatif, dan (9) revisi produk. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli dan hasil angket respon guru. Data kualitatif diperoleh dari saran/perbaikan dari para ahli pada lembar validasi, saran/perbaikan dari guru pada angket respon guru, dan hasil wawancara dengan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar berbasis inkuiri kontekstual yang dikembangkan sangat layak, sangat menarik, sangat praktis dan sangat efektif. Validasi produk oleh ahli materi diperoleh 97,56% atau sangat layak, validasi produk oleh ahli desain diperoleh 78,27% atau sangat layak, uji coba kelompok kecil sangat menarik; dan uji coba lapangan diperoleh angket respon guru tentang kepraktisan sebesar 98.96% atau sangat praktis, serta diperoleh 94,33% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) berarti produk efektif digunakan dalam pembelajaran. Saran pemanfaatan buku ajar yaitu dapat dijadikan bahan ajar penunjang oleh guru dan siswa dalam belajar tematik tentang lingkungan tempat tinggalku khususnya daerah kota Malang. Saran diseminasi buku ajar yaitu penyebarluasan buku ajar berbasis kontekstual inkuiri daerah kota Malang sebaiknya memperhatikan lingkungan sekitar siswa dan karakteristik siswa yang akan menggunakannya. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu pengembangan buku ajar dapat ditambahkan muatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan literasi agar buku ajar lebih memiliki nilai yang berbeda dengan buku ajar yang sudah beredar di pasaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63325

Actions (login required)

View Item View Item