Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Banjararum-Malang / Nofita Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Banjararum-Malang / Nofita Wulandari

Wulandari, Nofita (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Banjararum-Malang / Nofita Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Nofita. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Banjararum-Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si (II) Prof. Dr. H. M. Zainuddin M.Pd. Kata Kunci Student Team Achievement Division (STAD) Motivasi Belajar Hasil Belajar. Permasalahan yang kerap terjadi di sekolah dasar yaitu kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran ketika guru mengajar dengan model teacher centered dan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Pembelajaran di sekolah seringkali membuat siswa terkesan mengingat menghafal informasi maupun pengetahuan pada buku saja. Sehingga motivasi belajar yang dimiliki siswa cenderung rendah begitu dengan hasil belajar. Model STAD diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar beserta hasil belajar siswa yang diperoleh selama pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model STAD terhadap motivasi belajar siswa dan (2) untuk mengetahui pengaruh model STAD terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan yaitu quasi eksperiment menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control grup. Pemilihan desain nonequivalent control group design karena penelitian ini memiliki dua kelompok yang tidak dipilih secara acak. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Banjararum-Malang yang menjadi subjek penelitian meliputi siswa kelas IV SDN 1 Banjararum-Malang tahun pelajaran 2017/2018.Masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Adapun kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan diterapkannya model pembelajaran STAD dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dalam bentuk pretest-posttest dan angket motivasi belajar berbentuk pernyataan. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik parametrik Independent Sample Test dengan bantuan SPSS 20.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar siswa dikarenakan pada saat pembelajaran guru dapat membuat siswa aktif melalui tanya jawab yang berkaitan dengan materi selain itu untuk menumbuhkan motivasi siswa guru melakukan pemberian reward pada kelompok yang aktif. (2) terdapat pengaruh model Student Team Achievement Divison (STAD) yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Model STAD dapat mempengaruhi hasil belajar dilakukan melalui cara guru mengeksplor pengetahuan siswa melalui materi yang akan dipelajari dengan kegaiatan tanya jawab dan kuis individual. Hal tersebut dapat diketahui dari uji hipotesis dengan nilai signifikansi hasil belajar dan motivasi belajar siswa dibawah angka signifikan 0 05 atau dibawah signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63324

Actions (login required)

View Item View Item