Pengembangan buku ajar IPS berbasis gambar untuk kelas IV SDN 1 Doroampel Kabupaten Tulungagung / Ayu Devia Miftahul Hasanah

Hasanah, Ayu Devia Miftahul (2018) Pengembangan buku ajar IPS berbasis gambar untuk kelas IV SDN 1 Doroampel Kabupaten Tulungagung / Ayu Devia Miftahul Hasanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasanah, Ayu Devia Miftahul. 2017 . Pengembangan Buku Ajar IPS Berbasis Gambar Untuk Kelas IV SDN 1 Doroampel Kabupaten Tulungagung. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. M. Zainuddin, M.Pd, (2) Dr. H. Sunaryanto, M.Ed. Kata Kunci: pengembangan buku ajar, gambar, Pembelajaran di sekolah dasar hendaknya memanfaatkan berbagai sumber belajar guna mendukung kegiatan belajar mengajar. Guru sebagai pendidik berperan serta dalam menyediakan sumber belajar yang bermakna bagi siswa. Berdasarkan analisis kebutuhan, ditemukan beberapa kendala, antara lain: 1) hanya menggunakan buku sumber terbitan dari pemerintah (buku siswa); 2) buku siswa yang digunakan membuat siswa kesulitan belajar secara mandiri; 3) belum tersedianya sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guna memenuhi kebutuhan siswa dengan mengembangkan buku ajar IPS berbasis gambar. Tujuan penelitian ini, menghasilkan buku ajar IPS berbasis gambar yang valid, menarik, praktis dan efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan buku ajar menggunakan model Dick and Carey yang terdiri 1) menganalisis kebutuhan untuk menentukan pembelajaran; 2) menganalisis pembelajaran; 3) menganalisis karakteristik siswa; 4) merumuskan tujuan khusus; 5) mengembangkan instrument penilaian; 6) mengembangkan strategi pembelajaran; 7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran; 8) merancang dan melakukan evaluasi formatif; 9) merevisi pembelajaran; 10) mengembangkan dan melakukan evaluasi sumatif. Penelitian pengembangan buku ajar IPS berbasis gambar memenuhi kriteria valid, menarik, praktis sehingga dapat digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran oleh siswa maupun guru dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Hasil kevalidan produk diperoleh kualifikasi valid dengan persentase sebesar 80,67%. Hasil kemenarikan produk diperoleh kualifikasi sangat menarik dengan persentase sebesar 88%. Hasil kepraktisan produk diperoleh kualifikasi sangat praktis dengan persentase sebesar 89,5%, dan hasil keefektifan produk dilihat dari hasil belajar pretest diperoleh skor rata-rata 65,95, menjadi 78,72 pada rata-rata hasil belajar posttest. Saran untuk pengguna yaitu buku ajar ini dapat digunakan sebagai buku penunjang atau pendamping pembelajaran yang dapat dikaitkan dengan lingkungan siswa. Untuk peneliti selanjutnya, dapat dilakukan pengembangan yang tidak hanya IPS saja melainkan buku tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63322

Actions (login required)

View Item View Item