Muatan nilai karakter Pancasila dalam pembelajaran seni tari tradisional di Tamak Kanak-kanak (studi kasus di TK ÔÇÿAisyiyah Bustanul Athal 25 ÔÇ£Fajar HarapanÔÇØ Gondanglegi) / Nikmatul Khoir Tri Yulia - Repositori Universitas Negeri Malang

Muatan nilai karakter Pancasila dalam pembelajaran seni tari tradisional di Tamak Kanak-kanak (studi kasus di TK ÔÇÿAisyiyah Bustanul Athal 25 ÔÇ£Fajar HarapanÔÇØ Gondanglegi) / Nikmatul Khoir Tri Yulia

Yulia, Nikmatul Khoir Tri (2018) Muatan nilai karakter Pancasila dalam pembelajaran seni tari tradisional di Tamak Kanak-kanak (studi kasus di TK ÔÇÿAisyiyah Bustanul Athal 25 ÔÇ£Fajar HarapanÔÇØ Gondanglegi) / Nikmatul Khoir Tri Yulia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Tri Yulia. N.K. 2018. Muatan Nilai-Nilai Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran Seni Tari Tradisional Di Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 25 Fajar Harapan Gondanglegi). Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Fattah Hanurawan Msi M.Ed (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata Kunci nilai-nilai karakter pancasila pembelajaran seni tari tradisional Perkembangan karakter anak usia dini saat ini dapat dilihat melalui sikap dan tindakan dalam mengembangkan kegiatan positif berdasarkan nilai-nilai Pancasila dalam pengamatan proses awal hingga akhir latihan pembelajaran seni tari tradisional di TK. Dikarenakan adanya permasalahan melalui persepsi anak laki-laki terhadap kegiatan seni tari yang dikhususkan hanya untuk anak perempuan serta mengembangkan koordinasi gerak tangan dan kaki agar seirama dengan musik yang disajikan. Oleh karena itu perlu adanya penanam karakter melalui perilaku yang sadar akan nilai-nilai Pancasila. Tujuan Penelitian ini yaitu mendiskripsikan muatan nilai-nilai karakter Pancasila dalam pembelajaran seni tari tradisional di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Gondanglegi-Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data deskriptif melalui informan yang memahami tentang apa yang dilakukan dirasakan dan dialami terhadap fokus penelitian. Rancangan penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case study) untuk mendiskripsikan muatan nilai-nilai karakter Pancasila dalam pembelajaran seni tari tradisional di Taman Kanak-Kanak. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi wawancara dan dokumen. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi. Oleh karena itu penelitian menggunakan trianggulasi sumber data trianggulasi teknik dan tringgulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran seni tari yang menekankan tari tradisional dapat bermanfaat bagi anak untuk mengenal budaya tari yang berada di Indonesia. Setelah itu pembelajaran seni tari tradisional dapat mengembangkan karakter yang sadar akan nilai-nilai Pancasila seperti wujud seni tari dalam karakter ketuhanan wujud seni tari dalam karakter kemanusiaan wujud seni tari dalam karakter persatuan wujud seni tari dalam karakter kerakyatan dan wujud seni tari dalam karakter keadailan sosial. Serta dampak yang terbentuk dalam pembelajaran seni tari mengembangkan perilaku pemikiran dan tindakan melalui pengalaman-pengalaman yang telah diajarkan sebelumnya. Kesimpulan pertama pembelajaran seni tari tradisional di TK anak tidak hanya memahami gerak tari dengan musik yang didengarnya secara sederhana. Anak juga dapat merespon dengan rasa yang mengekspresikan gerak melalui tubuhnya untuk mengungkapkan vi perasaan pemikiran dan berkomunikasi serta memberikan unsur estetik berupa sederhana praktis dan dinamis dalam tari yang dipersembahkan. Kedua muatan nilai-nilai karakter Pancasila dalam pembelajaran seni tari tradisional. Ketiga dampak negatif melalui perilaku yang ditunjukkan pada saat mengganggu konsentrasi teman yang sedang berlatih. sedangkan dampak positif yang diperoleh pada saat latihan. Terlihat ketika anak mampu meraih prestasi yang diinginkan untuk membentuk pengalaman baru dan membangun potensi kemampuan diri terhadap kegiatan yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi. Saran pembelajaran seni tari dapat dikembangkan pada anak sejak dini dengan menekankan tari tradisional. Agar tari tradisional tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman di era-globalisasi. Penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran seni tari tradisional memiliki banyak manfaat kegiatan yang diberikan kepada anak menjadi terarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63321

Actions (login required)

View Item View Item