Penerapan strategi mind mapping berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Pagak Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Akhmad Syahrul Mubarok

Mubarok, Akhmad Syahrul (2018) Penerapan strategi mind mapping berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Pagak Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Akhmad Syahrul Mubarok. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mubarok, Akhmad Syahrul. 2018. Penerapan Strategi Mind Mapping Berbantuan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Pagak Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd. (2) Prof. Dra. Hj. Utami Widiati, M.A, Ph. D. Kata Kunci: Mind Mapping. Media Gambar Seri, Menulis Narasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi mind mapping berbantuan gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi. Mind mapping dapat membantu siswa memetakan gagasan atau ide yang dimilikinya. Sedangkan, media gambar seri dimanfaatkan agar dapat membantu siswa menulis narasi sesuai dengan urutan terjadinya peristiwa Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN Pagak Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan sebanyak 19 siswa. Instrumen dalam penelitian ini, antara lain: pedoman observasi kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran menulis narasi, pedoman wawancara guru dan siswa pratindakan dan pascatindakan, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes menulis narasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi mind mapping berbantuan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Pagak Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan sudah diterapkan sesuai dengan sintak atau tahapan-tahapan menulis narasi. Penggunaan strategi mind mapping terbukti mampu memetakan gagasan atau ide yang dimiliki siswa. Sehingga siswa dapat dengan mudah menulis karangan narasi, Selain itu, pemanfaatan media gambar seri juga mampu membantu siswa mengurutkan alur cerita sesuai dengan urutan kejadian peristiwa pada cerita. Penggunaan strategi mind mapping berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN Pagak Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan. Pada pra tindakan hanya 8 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM, sedangkan setelah diberikan tindakan pada siklus 1 terdapat 12 siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Ketuntasan klasikal mencapai 63%. Sedangkan pada siklus I ke siklus II nilai seluruh siswa mengalami peningkatan. Namun, masih terdapat 2 orang siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (tidak tuntas). Ketuntasan klasikal mencapai 89%. Berdasarkan kesimpulan tersebut, saran yang dapat diberikan sebagai berikut: (1) Sebelum melaksanakan pembelajaran menulis karangan narasi, sebaiknya guru terlebih dahulu menyusun sintak atau tahap-tahap menulis karangan. (2) Dalam pembelajaran menulis karangan narasi, sebaiknya guru menggunakan strategi mind mapping yang telah terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis narasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63320

Actions (login required)

View Item View Item