Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal daerah Polewali Mandar subtema Keunikan daerah Tempat Tinggalku / Syarifuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal daerah Polewali Mandar subtema Keunikan daerah Tempat Tinggalku / Syarifuddin

Syarifuddin (2018) Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal daerah Polewali Mandar subtema Keunikan daerah Tempat Tinggalku / Syarifuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syarifuddin. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Polewali Mandar Subtema Keunikan Daerah Tempat TInggalku. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sulthoni M.Pd. (2) Dr. I Made Suardana S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Pembelajarantematik bahan ajar kearifanlokal Kearifan lokal daerah Polewali Mandar dimuat dalam sub tema keunikan daerah tempat tinggalku dirancang sebagai produk buku tematik berupa buku siswa. hasil observasi dan wawancara dilapangan menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan di sekolah merupakan terbitan pemerintah yang belum mengakomodir lingkungan sekitar siswa sehingga belum kontekstual. Hasil wawancara dengan guru mengatakan bahwa disekolah belum tersedia buku ajar yang bisa menunjang daerah tempat tinggal siswa serta mengarahkan siswa untuk mengenal kearifan lokal daerahnya. Olehnya diperlukan pengembangan buku ajar tematik yang relevan dengan kondisi dan karakter siswa. Penelitianydan pengembanganyini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar tematik berbasis kontekstual yang valid menarik dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 tahapanyang terdiri dari lima tahapan yakni menganalisis(Analyze) merancang (Design) mengembangkan(Develop) menerapkan (Implement) dan mengevaluasi (Evaluate). Produk dalam penelitian ini berupa buku tematik kearifan lokal Polewali Mandar. Validator ahli peneltian ini adalah ahli kebahasaan dan ahli desain teknologi pembelajaran. Subjekyuji cobaypenelitian dan pengembangan ini (1) guru kelasyIV SDN 017 Manding (2) siswa kelas IV SDN 017 Manding. Hasilanalisispengembanganbahan ajar tematikkearifanlokalPolewaliMandarpadavalidasimaterisebesar 94 11% dengankriteriasangat valid analisisdesain 81% dengankriteria valid dananalisisahlibahasasebesar 85% dengankriteriasangat valid.Ketigaaspektersebutmenghasilkan persentase 85 7% dengankriteria sangat valid.Padaaspek kemenarikan menghasilkan persentase 95% dengankriteria sangat menarik.Padaobeservasipembelajaranselama 6 pembelajarandiperolehpersentasesebesar 92 5% artinyaselamamengikutikegiatanpembelajarandenganmenggunakanbukutematikkearifanlokalpesertadidiktergolongsangataktif. Nilai rata-rata saat melakukan pretest sebelum menggunakan bahan ajar sebesar 67 33. Nilai rata-rata post tes setelah menggunakan bahan ajar sebesar 88.5. Selisih antara nilai pretest dan nilai post tes terjadi peningkatanhasil belajar sebesar 21 17.ArtinyaHasil belajar siswa dalam uji coba produk mengalami peningkatan.Dengandemikianpenggunaanproduk bahan ajar kearifan lokal Polewali Mandar memiliki kriteria sangat efektif yang dibuktikan dari hasil pretestdanposttest.Ketuntasan dari 24 orang siswa pada hasil tes belajar diperolehpersentase sebesar 91 66%. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar kearifan lokal Polewali Mandar dapat mendukung pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63319

Actions (login required)

View Item View Item