Pengembangan model pembelajaran permainan ular naga termodifikasi pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar / Maya Ferdiana Rozalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran permainan ular naga termodifikasi pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar / Maya Ferdiana Rozalia

Rozalia, Maya Ferdiana (2018) Pengembangan model pembelajaran permainan ular naga termodifikasi pada pembelajaran tematik kelas V sekolah dasar / Maya Ferdiana Rozalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Rozalia Maya Ferdiana. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Ular Naga Termodifikasi Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (2) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. Kata Kunci model pembelajaran permainan ular naga pembelajaran tematik Pembelajaran di sekolah dasar diselenggarakan secara interaktif inspiratif menyenangkan dan menantang yang bertujuan untuk memotivasi peserta didik berpartisipasi aktif serta memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas kemandirian sesuai bakat minat dan perkembangan fisiknya. Hasil studi pendahuluan mengungkap bahwa sebagian besar pembelajaran diselenggarakan di dalam kelas identik dengan membaca dan menulis. Keadaan tersebut dapat mengurangi aktivitas peserta didik dalam membangun kreatifitas kemandirian dan sikap sosial mereka. Oleh sebab itu perlu adanya pengembangan Model Pembelajaran Permainan Ular Naga Termodifikasi pada pembelajaran tematik Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan Model Pembelajaran Permainan Ular Naga Termodifikasi Pada Pembelajaran Tematik yang valid praktis efektif dan menarik. Model Pembelajaran dikembangkan dengan memodifikasi sintaks permainan ular naga model pembelajaran TGT NHT dan course review horray. Berdasarkan kajian dan telaah model pembelajaran tersebut menghasilkan 7 langkah pembelajaran. Sasaran penelitian yaitu kelas uji coba tahap awal di SDN Bumiayu 1 dan kelas uji coba lapangan utama di SDN Bunulrejo 1. Model penelitian dan pengembangan produk menggunakan 4D. Model Pembelajaran Permainan Ular Naga Termodifikasi dinyatakan valid berdasarkan hasil kajian teoritik yang telah di validasi oleh ahli teknologi pembelajaran. Model Pembelajaran yang dikembangkan ini praktis dan menarik setelah di uji cobakan pada SDN Bunulrejo 1. Model yang dikembangkan efektif berdasarkan hasil uji keefektifan dengan kuasi eksperimen pretes-posttest control group design dengan statistik non parametrik Mann Whitney U Test. Nilai Asymp.Sig (2 Tailed) diperoleh dari hasil pretest posttest sebesar 0 000 0 05. Hasil uji tersebut menunjukan bahwa hipotesis diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Permainan Ular Naga Termodifikasi terhadap hasil belajar kelas V sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Permainan Ular Naga Termodifikasi pada pembelajaran tematik valid praktis menarik dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada Tema 7 Subtema 2.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63318

Actions (login required)

View Item View Item