Pelaksanaan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually) di SDN Sidodadi 02 Garum Kabupaten Blitar / Eka Saputri Pramik Agusningtyas

Agusningtyas, Eka Saputri Pramik (2018) Pelaksanaan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually) di SDN Sidodadi 02 Garum Kabupaten Blitar / Eka Saputri Pramik Agusningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Agusningtyas, Eka Saputri Pramik. 2018. Pelaksanaan Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually) di SDN Sidodadi 02 Garum Kabupaten Blitar, Tesis, Prodi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd., (2) Dr. Alif Mudiono, M.Pd Kata kunci: Pelaksanaan, Pendekatan SAVI, Somatic, Auditory, Visuallization, Intelectually. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Sidodadi 02 pada pelaksanaan pendekatan SAVI tanggal 4 November 2017, ditemukan fakta bahwa (1) siswa kelas I sampai dnegan kelas VI menggunakan pendekatan SAVI selama proses pembelajaran, (2) melaksanakan kegiatan senam maumere setiap hari, (3) setiap kelas sudah memiliki proyektor, LCD dan speaker untuk menunjang proses pembelajaran, (4) guru kelas IV sudah kreatif menggunakan ice breaking, dan (5) guru kelas I sampai dengan kelas VI menjelaskan bahwa sudah dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif yang mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan SAVI, artinya data yang diperoleh dipaparkan apa adanya dalam bentuk kata-kata narasi sesuai dengan keadaan asli yang ditemui peneliti selama proses penelitian. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan SAVI di SDN Sidodadi 02 terlaksana dengan baik terlihat ketika semua unsur somatik, auditosi, visualisasi dan intelektual muncul pada proses pembelajaran. Kendala yang dialami oleh guru diantaranya mengkondisikan siswa untuk siap belajar dengan unsur intelektual, membuat siswa berkonsentrasi, dan siswa mudah bosan. Upaya guru terhadap hambatan tersebut yaitu siswa diajarkan berlatih memecahkan masalah, dan menerapkan sistem rolling kelompok. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI sudah terlaksana di SDN Sidodadi 02, guru menemukan tujuh hambatan dan guru menemukan lima upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru menambah variasi dalam mengajar agar siswa tertarik dengan setiap pembelajaran dan mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63316

Actions (login required)

View Item View Item