Pengaruh motivasi membaca dan intensitas membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar / Prisma Iga Madani

Madani, Prisma Iga (2018) Pengaruh motivasi membaca dan intensitas membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar / Prisma Iga Madani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Madani, Prisma Iga. 2018. Pengaruh Motivasi Membaca dan Intensitas Membaca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd., (II) Prof. Dr. Sudarmiatin, M.Si. Kata Kunci: motivasi membaca, intensitas membaca, kemampuan membaca pemahaman Membaca sebagai salah satu keterampilan yang memiliki peran penting pada dunia pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar. Siswa sekolah dasar harus menguasai salah satu dari keterampilan berbahasa, yaitu kemampuan membaca pemahaman. Terdapat dua faktor dalam penelitian ini yang diuji pengaruhnya terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Kedua faktor tersebut, yaitu motivasi membaca dan intensitas membaca. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui pengaruh motivasi membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman, (2) mengetahui pengaruh intensitas membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman, dan (3) mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman antara motivasi membaca dan intensitas membaca. Penelitian ini merupakan penelitian Expose facto. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV dan Kelas V SDN Kauman 1 Kota Malang dengan sampel penelitian yaitu 138 siswa. Instrumen penelitian berupa angket motivasi membaca, angket intensitas membaca dan tes kemampuan membaca pemahaman. Sebelum digunakan dalam penelitian, angket diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji regresi sederhana, namun sebelumnya data tersebut harus dinyatakan lolos dalam empat uji prasyarat analisis data. Analisis terhadap data penelitian memperoleh hasil bahwa: (1) ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi membaca dan kemampuan membaca pemahaman, (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara intensitas membaca dan kemampuan membaca pemahaman, (3) Faktor yang dominan mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman adalah intensitas membaca. Dari paparan hasil penelitian dan pembahasan di atas, disampaikan saran kepada: 1) Orangtua siswa hendaknya memperhatikan dan terus meningkatkan motivasi dan intensitas membaca anaknya agar kemampuan membaca yang dimiliki oleh sang anak semakin baik dan berkembang, 2) Guru kelas hendaknya selalu memotivasi siswanya agar lebih giat melakukan kegiatan membaca di luar jam pelajaran agar kemampuan membaca pemahaman siswanya semakin meningkat, 3) Peneliti selanjutnya perlu mengadakan penelitian lanjutan dengan mendalami atau meninjau kembali indikator-indikator motivasi membaca, intensitas membaca dan kemampuan membaca pemahaman yang dikembangkan dalam penelitian ini agar dapat mendukung, memperkaya, menambahkan bahkan menolak hasil dari penelitian ini demi mendalami penelitian terkait dengan kemampuan membaca pemahaman siswa atau jenis-jenis membaca lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63315

Actions (login required)

View Item View Item