Pengembangan media virtual reality tata surya untuk meningkatkan kemampuan retensi peserta didik kelas VI sekolah dasar / Abdussalam

Abdussalam (2018) Pengembangan media virtual reality tata surya untuk meningkatkan kemampuan retensi peserta didik kelas VI sekolah dasar / Abdussalam. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Abdussalam. 2018. Pengembangan Media Virtual Reality Tata Surya Untuk Meningkatkan Kemampuan Retensi Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulthoni, M.Pd., (II) Dr. Munzil, M.Si. Kata Kunci : media virtual reality, tata surya, retensi Kebutuhan akan media pembelajaran yang dapat menghadirkan bentuk dari suatu materi merupakan permasalahan yang sering terjadi akhir-akhir ini. Selain itu, kebutuhan akan media yang sesuai dengan karakteristik peserta didik saat ini yang menggemari belajar dengan memanfaatkan smartphone atau tab dan dapat membuat daya ingat akan materi yang diajarkan bertahan lama pada memori peserta didik membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dan pengembangan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media virtual reality tata surya untuk meningkatkan kemampuan retensi peserta didik kelas VI sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan model 4D dari Thiagarajan. Model pengembangan ini terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap pengembangan media dimulai dari validasi para ahli, lalu uji coba. Tahap ini bertujuan untuk melihat kevalidan, kemenarikan, kepraktisan serta keefektifan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan berupa media VRTS dikemas dalam bentuk aplikasi android. Media VRTS yang dikembangkan memiliki karakteristik antara lain: (1) terdapat objek 3D yang dapat dilihat oleh pengguna media VRTS, (2) pengguna dapat merasakan pengalaman seperti sedang dalam keadaan yang sebenarnya, dan (3) termasuk pada kategori baru dalam bidang pengembangan media pembelajaran. Hasil penelitian berupa produk media virtual reality tata surya (VRTS) yang telah divalidasi oleh ahli media, materi dan penerapan lapangan serta diuji coba perorangan, kelompok kecil, kelompok besar dan lapangan. Hasil dari ahli media sebesar 82%, hasil ahli materi sebesar 80,5%, sedangkan hasil ahli penerapan lapangan sebesar 88,8%. Hasil uji perorangan sebesar 90,6% aspek kemenarikan dan 87,5% aspek kepraktisan. Hasil uji kelompok sebesar 83,3% aspek kemenarikan dan 80,5% aspek kepraktisan. Hasil uji kelompok besar sebesar 84,2% aspek kemenarikan dan 80,6% aspek kepraktisan. Hasil uji efekktivitas produk ini menyimpulkan bahwa media VRTS yang digunakan pada saat kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan retensi peserta didik dengan persentase mencapai 100% pada kelas yang menggunakan media VRTS dan 77,3% pada kelas yang tidak menggunakan media VRTS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63313

Actions (login required)

View Item View Item