Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada kelas IV SDN 111 Inpres Bungin Tana Toraja) / Weryanti Laen Langi'

Langi', Weryanti Laen (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) berbantuan mind mapping untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPS (studi pada kelas IV SDN 111 Inpres Bungin Tana Toraja) / Weryanti Laen Langi'. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Weryanti Laen LangiÔÇÖ. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPS (Studi Pada Kelas IV SDN 111 Inpres Bungin Tana Toraja). Tesis Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R.W.W. M.A., M.Si. (II) Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. Kata Kunci: Number Heads Together, Mind Mapping, penguasaan konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together berbantuan Mind Mapping dengan langkah-langkah (1) penomoran (numbering), (2) pengajuan pertanyaan (questioning), (3) berpikir bersama (heads together), (4) pemberian jawaban (answering), dan (5) penutup. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajar siswa, observasi panguasaan konsep, tes penguasaan konsep siswa tiap akhir siklus dan wawancara. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada penelitian ini dibagi menjadi 4 kegiatan, yaitu kegiatan pra pembelajaran, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Langkah-langkah model pembelajaran Number Heads Together berbantuan Mind Mapping diterapkan pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan dilakukan kegiatan pembagian kelompok dengan memberi nomor kepala kepada masing-masing siswa, apersepsi, menyampikan tujuan pembelajaran, dan memotivasi siswa. Pada kegiatan inti kegiatan yang dilakukan menjelaskan materi pembelajaran dan pemberian pertanyaan, melakukan diskusi dan mengerjakan LKK menggunakan Mind Mapping, salah satu siswa yang nomornya dipanggil guru melaporkan hasil diskusinya, dan membahas hasil diskusi. Pada kegiatan akhir mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together Berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil analisis tes penguasaan konsep tiap akhir siklus, ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 51,71% dan mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 86,20%. Selain peningkatan pada penguasaan konsep siswa juga terjadi peningkatan pada kegiatan mengajar guru dan kegiatan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I kegiatan mengajar guru hanya mencapai 61,9% meningkat menjadi 83,33% dan kegiatan belajar siswa pada siklus I hanya mencapai 52,77% meningkat menjadi 80,55% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63311

Actions (login required)

View Item View Item