Perbedaan model pembelajaran fan-n-pick dan quiz-quiz-trade terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Blimbing 1 Malang / M. Khusnul Hidayatulloh

Hidayatulloh, M. Khusnul (2018) Perbedaan model pembelajaran fan-n-pick dan quiz-quiz-trade terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Blimbing 1 Malang / M. Khusnul Hidayatulloh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Hidayatulloh, M, Khusnul. 2017. Perbedaan Model Pembelajaran Fan-N-Pick dan Quiz-Quiz-Trade terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV SDN Blimbing 1 Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eddy Sutadji, M.Pd., (II) Dr. Sri Untari, M.Si. Kata Kunci: model pembelajaran, fan-n-pick dan quiz-quiz-trade, keterampilan iiiisosial, hasil belajar. Hasil observasi lapangan, menunjukkan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran IPS masih didominasi oleh guru. Kurangnya interaksi peserta didik dalam memecahkan masalah secara kolaboratif mempengaruhi hasil belajar dalam menyelesaikan tugas. Tingkat keterampilan sosial peserta didik masih tergolong rendah. Memberikan dampak cara berkomunikasi siswa yang masih rendah pada saat menyelesaikan tugas kelompok. Artinya peserta didik masih kurang menunjukan kerjasama dalam berkelompok untuk menyelesaikan pemecahan masalah. Data obeservasi menunjukan nilai hasil belajar kognitif Tema 5 khususnya mata pelajaran IPS, menunjukkan nilai di bawah KKM. Kelas IV A Sebanyak 32,5% siswa tuntas belajar (di atas KKM), sedangkan sisanya 67,5% siswa belum tuntas belajar (di bawah KKM), dan untuk kelas IV B sebanyak 27,5% siswa tuntas belajar (di atas KKM), sedangkan sisanya 72,5% siswa belum tuntas belajar (di bawah KKM). Sehubungan dengan ini, perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatakan keterampilan sosial dan hasil belajar. Pembelajaran kooperatif Fan-N-Pick dan Quiz-Quiz-Trade dapat dijadikan alternatif untuk mengetahui seberapa berpengaruh dalam proses meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Fan-N-Pick terhadap keterampilan sosial siswa dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (2,873> 2,023); (2) ada pengaruh model pembelajaran Fan-N-Pick terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (11,261>2,023); (3) ada pengaruh model pembelajaran Quiz-Quiz Trade terhadap keterampilan sosial siswa dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,251> 2,023); (4) ada pengaruh model pembelajaran Quiz-Quiz Trade terhadap hasil belajar siswa dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (11,035>2,023); (5) Tidak ada perbedaan keterampilan sosial kelas yang diterapkan model pembelajaran Fan- N-Pick dan Quiz-Quiz Trade dengan nilai t-hitung yang lebih kecil dari t-tabel ( 1,028

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63310

Actions (login required)

View Item View Item