Peningkatan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback / Arif Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback / Arif Wicaksono

Wicaksono, Arif (2018) Peningkatan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif carousel feedback / Arif Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Arif. 2018. Peningkatan Keterampilan Sosial dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Carousel Feedback. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed. (2) Dr. Supriyono Koes Handayanto M.A. M.Pd. Kata Kunci Keterampilan sosial Kemampuan berpikir tingkat tinggi Carousel Feedback Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal pada guru di kelas IV didapatkan hasil sebagai berikut 1) diskusi kelompok belum secara aktif menstimulus siswa mengeksplorasi permasalahan terlihat siswa membutuhkan waktu yang cukup lama dalam aktivitas mengamati dan memberikan jawaban 2) belum terlihat siswa untuk bekerja sama dalam menyelesaikan masalah 3) belum terlihat siswa untuk peduli terhadap apa yang telah dikerjakan oleh siswa lain 4) siswa tidak percaya diri menyampaikan pendapatnya ketika ditanya oleh guru siswa juga jarang bertanya. Hasil wawancara dengan guru menunjukkan bahwa pada muatan IPS ditemukan beberapa hal yang menjadi penyebab yaitu pertama Siswa masih menggunakan kemampuan berpikir tingkat rendah yakni hanya dapat mengetahui dan memahami persoalan yang sudah diberikan guru tanpa dapat berpikir tingkat tinggi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi. Kedua pembelajaran hanya bersumber dari buku guru dan buku siswa tanpa mengaitkannya dengan kondisi kekinian dan lingkungan sekitar. Pengalaman belajar di dapat ketika siswa memadukan antara pengetahuan dengan interaksi lingkungannya. Ketiga dalam diskusi kelompok kurang memicu kemampuan siswa untuk berpikir menganalisis mengevaluasi mengkreasi melalui pembiasaan aktivitas siswa seperti mengamati mengumpulkan mengolah menyajikan dan menyimpulkan. Secara umum hal di atas disebabkan karena siswa belum dapat berpikir tingkat tinggi. Hal ini menunjukkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV muatan IPS masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang melalui model pembelajaran Carousel Feedback. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau sering dikenal dengan Classroom Action Research (CAR) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaa observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi tes wawancara dan dokumentasi. Merujuk pada hasil analisis pada penelitian yang telah dilaksanakan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil keterlaksanaan pembelajaran oleh guru mencapai 90 39% sedangkan pelaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 85 78%. Hasil observasi keterampilan sosial siswa pada siklus I sebesar 58 28% dan hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi sebesar 50 83%. Data pada siklus I tersebut belum mencapai kriteria keberhasilan tindakan sehingga perlu dilaksanakan perbaikan pada tindakan selanjutnya yaitu siklus II. Pada siklus II menunjukkan hasil observasi keterlaksanaan oleh guru mencapai 92 89% sedangkan hasil pelaksanaan pembelajaran oleh siswa mencapai 95 11%. Hasil analisis data observasi keterampilan sosial siswa muatan IPS pada siklus II sebesar 81 95% persentasi ketuntasan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mencapai 77 08%. Hasil data analisis di atas pada siklus II tersebut menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan tindakan telah tercapai sehingga tidak perlu dilanjutkan pada siklus atau tindakan selanjutnya. Merujuk pada hasil tindakan penelitian yang telah dilaksanakan tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dapat meningkatkan dan memperbaiki keterampilan sosial siswa dan kemampuan berpikir tingkat tinggi muatan IPS kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Malang. Sehingga dapat diajukan sebagai saran bahwa guru-guru dapat menerapkan model pembelajaran ini pada pembelajaran muatan IPS di kelas sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan sosial dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63309

Actions (login required)

View Item View Item