Pengembangan paket lagu model "Ayo Mengenal Binatang" sebagai media stimulasi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun / Ika al Mumtahanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket lagu model "Ayo Mengenal Binatang" sebagai media stimulasi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun / Ika al Mumtahanah

Al Mumtahanah, Ika (2018) Pengembangan paket lagu model "Ayo Mengenal Binatang" sebagai media stimulasi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun / Ika al Mumtahanah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Mumtahanah Ika Al. 2018. Pengembangan Paket Lagu Model Ayo Mengenal Binatang Sebagai Media Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Tesis Konsentrasi PAUD Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Furaidah M.A. (2) Dr. M. Ramli MA. Kata Kunci lagu model media stimulasi perkembangan kognitif Pembelajaran melalui bernyanyi membuat suasana belajar menjadi menyenangkan sehingga aspek perkembangan anak akan tumbuh dengan optimal. Salah satu aspek perkembangan anak yang harus terus distimulasi adalah aspek perkembangan kognitif. Berbagai stimulasi harus diberikan untuk optimalisasi perkembangan kognitif anak diantaranya bisa melalui musik sebagai stimulator perkembangannya. Ketersediaan lagu anak yang dapat menjadi stimulator perkembangan kognitif anak sangatlah terbatas.Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan paket lagu model tema binatang dengan judul Ayo Mengenal Binatang sebagai media stimulasi perkembangan kognitif yang valid layak menarik dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di PAUD. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media lagu model Ayo Mengenal Binatang ini adalah model pengembangan Borg Gall (1983) yang diadaptasi sesuai kebutuhan pengembang. Adapun tahapannya meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji validasi (5) revisi produk awal (6) uji lapangan utama (7) revisi akhir. Instrumen pengumpul data yang dipakai meliputi angket lembar observasi dan pedoman wawancara. Untuk mengetahui kelayakan produk lagu model sebagai media stimulasi perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun peneliti melakukan validasi dan uji lapangan. Tahap validasi produk lagu model dilakukan oleh dua ahli yaitu seorang ahli materi PAUD dan seorang ahli media lagu PAUD. Selanjutnya tahap uji lapangan dilakukan di empat satuan PAUD yaitu TK Al Khodijah Serut TK Budi Utomo Serut TK Dharma Wanita Kepuh dan TK Mardisunu Tanjungsari. Keempat lembaga tersebut berdomisili di Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung. Alasan peneliti menggunakan empat lembaga tersebut untuk mengetahui pola respon awal dari guru-guru menggunakan lagu model sebagai media stimulasi dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli materi PAUD memperoleh persentase kevalidan sebesar 100%. Persentase tersebut menggambarkan bahwa 100% lagu-lagu yang dikembangkan memuat materi yang sesuai dengan kurikulum. Hasil validasi dari ahli media lagu PAUD memperoleh persentase kevalidan sebesar 93 33% yang bermakna bahwa lagu-lagu yang dikembangkan sangat valid sesuai dengan kriteria penciptaan lagu untuk anak dan bisa diimplementasikan. Berikutnya hasil uji coba lapangan dari keempat lembaga PAUD menunjukkan menunjukkan ii persentase kelayakan di atas 90%. Hal ini menunjukkan produk paket lagu model Ayo Mengenal Binatang sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan ketika penerapan lagu model di TK Al Khodijah Serut menunjukkan bahwa data persentase kemenarikan sebesar 74 67%. Data kemenarikan dari TK Budi Utomo Serut mencapai 76 %. Sementara itu data kemenarikan dari TK Dharma Wanita Kepuh mencapai 78 67% dan terakhir data kemenarikan dari TK Mardisunu Tanjungsari mencapai 74 67%. Dari hasil persentase kemenarikan yang diperoleh dari keempat lembaga PAUD tersebut rata-rata memperoleh persentase di atas 70%. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk paket lagu model Ayo Mengenal Binatang menarik bagi anak usia 5-6 tahun untuk digunakan dalam pembelajaran. Produk paket lagu model ini juga bisa dikatakan efektif karena semua tujuan instruksional dalam pembelajaran dapat dicapai melalui penggunaan produk ini. Penelitian dan pengembangan ini masih bisa dikembangkan lebih lanjut oleh peneliti-peneliti berikutnya. Pengembangan tersebut bisa dari aspek muatan liriknya maupun tampilan produknya. Aspek muatan lirik bisa dikembangkan dari KD lain yang ada pada kurikulum 2013 PAUD. Sementara itu aspek tampilan produk bisa dikembangkan dari bentuk visualnya. Bisa menggunakan video animasi untuk visualisasi lagu-lagu nya atau juga bisa bisa dikembangkan model gerak dan lagunya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63308

Actions (login required)

View Item View Item