Hebri, Nori Saswita (2018) Implementasi metode permainan edukatif dalam scientific approach tema profesi untuk meningkatkan kognitif anak kelompok A di RA Muslimat NU 27 Malang / Nori Saswita Hebri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hebri Nori. 2018. Implementasi Metode Permainan Edukatif Dalam Scientific Approach Tema Profesi Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Kelompok A di RA Muslimat Nu 27 Malang. Tesis Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Ramli. M.A. (2) Dr. Lia Yuliati. M.Pd. Kata Kunci metode permainan edukatif dalam scientific approach kognitif kelompok A Penelitian ini dilaksanakan di RA Muslimat NU 27 Malang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara awal pada guru kelompok A di RA Muslimat NU 27 Malang dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran terdapat berbagai permasalahan diantaranya (1) proses pembelajaran lebih condong pada kegiatan calistung (2) pembelajaran yang bersifat konvensional (3) penggunaan media jarang dilakukan (4) pemberian materi pembelajaran tidak disertai dengan contoh yang konkrit (6) pemahaman anak terkait materi pembelajaran yang disampaikan masih lemah karena pembelajaran tidak didukung dengan pengembangan aspek kognitif anak dalam pemecahan masalah berfikir logis dan berfikir simbolis. Berdasarkan permasalahan tersebut terdapat 9 dari 18 anak mengalami masalah pada aspek kognitif. Salah satunya anak tidak mampu menjawab pertanyaan terkait pembelajaran yang tengah mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kognitif anak melalui implementasi metode permainan edukatif dalam scientific approach. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan model kolaborasi dari model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan yang terdiri dari dari beberapa langkah diantaranya perencanaan pelaksaaan pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak kelompok A yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 13 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis analisis keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan peningkatan kognitif anak sedangkan data kualitatif digunakan untuk menganalisis data wawancara dan observasi mengenai implementasi metode permainan edukatif dalam scientific approach. Hasil dari implementasi metode permainan edukatif dalam scientific approach mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Skor keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 59% sedangakan siklus II memperoleh skor 62 25. Peningkatan skor keterlaksanaan pembelajaran tersebut mengakibatkan peningkatan aspek kognitif anak. Siklus I nilai klasikal anak yang tuntas mencapai 61 1 % sedangkan pada siklus II mencapai 83 3%. Merujuk pada hasil penelitian yang telah dilaksanakan tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi metode permainan edukatif dalam scientific approach dapat meningkatkan aspek kognitif anak. Saran untuk guru agar menerapkan metode permainan edukatif dalam scientific approach sebagai alternatif mengajar dan harus memperhatikan kemampuan anak untuk mencapai target seluruh anak tuntas. Bagi peneliti lain agar dapat menerapkan metode permainan edukatif dalam scientific approach pada aspek perkembangan anak lainnya serta dari penelitian ini di harapkan menjadi acuan dalam melakukan penelitian baik itu terkait persiapan pelaksanaan media yang dibutuhkan serta karakteristik anak yang akan diteliti.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63307 |
Actions (login required)
View Item |