Pengaruh model pembelajaran inside-outside circle terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar kelas IV SDN Kebonagung Kota Pasuruan / Qurrotu Aini

Aini, Qurrotu (2018) Pengaruh model pembelajaran inside-outside circle terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar kelas IV SDN Kebonagung Kota Pasuruan / Qurrotu Aini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini, Qurrotu. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Inside-Outside Circle terhadap Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Kelas IV SDN Kebonagung Kota Pasuruan. Tesis, Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika R. W. W., M.A., M.Si. (2) Dr. I Made Suardana, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : inside-outside circle, keterampilan sosial, hasil belajar, motivasi belajar Terdapat tujuan pada penelitian ini yakni membahas tentang pengaruh model pembelajaran inside-outside circle terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa ditinjau dari motivasi belajar. Model pembelajaran inside-outside circle, siswa dapat lebih aktif di kelas sehingga dapat menunjang keterampilan dalam bersosialisasi dan mempengaruhi hasil belajar. Pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat interaksi dalam berkomunikasi antara guru dan siswa sehingga dapat memotivasi dalam belajar. Pada penelitian ini menggunakan bentuk penelitian eksperimen semu dan desainnya berupa Nonequivalent Control Group. Desain ini dilakukan pada dua kelompok yang dipilih secara random dan dibagi dalam kelas kontrol dan eksperimen. Subyek penelitian yang digunakan merupakan siswa dari kelas IV SDN Kebonagung Kota Pasuruan yang berjumlah 68 siswa. Instrumen penelitian harus dilakukan terlebih dahulu ke validasi ahli, empiris kemudian menghitung reliabilitas, tingkat kesukaran dan uji daya pembeda. Analisis data yang merumuskan masalah penelitian, tujuan dan sifat data terdiri dari uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran Inside-Outside Circle terhadap keterampilan social yang dibuktikan dengan nilai pada F-hitung lebih besar dari F-tabel (5,267 > 3,14); (2) ada pengaruh model pembelajaran Inside-Outside Circle terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel (5,316 > 3,14); (3) ada pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan sosial yang dibuktikan dengan nilai pada F-hitung lebih besar dari F-tabel (4,402 > 3,14); (4) ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai F-hitung lebih besar dari F-tabel (7,113 > 3,14); (5) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Inside-Outside Circle dan motivasi belajar terhadap keterampilan social yang dibuktikan dengan nilai F-hitung lebih kecil dari F-tabel (0,609 < 3,14); dan (6) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Inside-Outside Circle dan motivasi belajar terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai F-hitung lebih kecil dari F-tabel (0,066 < 3,14). Kesimpulan dari hasil penelitian yakni (1) tidak ada interaksi antara model pembelajaran Inside-Outside Circle dan motivasi belajar terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar; (2) ada pengaruh model pembelajaran Inside-Outside Circle terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar; (3) ada pengaruh motivasi belajar terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar; dan (4) model pembelajaran Inside-Outside Circle dapat efektif di kelas apabila dapat mengkreasikan materi dengan keterampilan sosial sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63302

Actions (login required)

View Item View Item