Pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan sungai pada materi Bangun datar siswa kelas IV SD / Herti Prastitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan sungai pada materi Bangun datar siswa kelas IV SD / Herti Prastitasari

Prastitasari, Herti (2018) Pengembangan bahan ajar berdasarkan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan sungai pada materi Bangun datar siswa kelas IV SD / Herti Prastitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

xviii RINGKASAN Prastitasari Herti. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Berbasis Lingkungan Sungai pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV SD. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abd. Qohar M.T (II) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. Kata Kunci bahan ajar bangun datar pendekatan kontekstual basis lingkungan sungai Bahan ajar ini dikembangkan berdasarkan pada permasalahan antara lain (1) hasil tes yang dilakukan kepada siswa kelas V yang sudah mendapatkan materi bangun datar menunjukkan hasil belajar siswa rendah (2) hasil wawancara menunjukkan guru jarang sekali mengaitkan pembelajaran dengan lingkungan sekitar siswa dan (3) bahan ajar yang digunakan sudah tersentuh pendekatan kontekstual namun contoh-contoh yang digunakan belum berdasarkan lingkungan sekitar siswa yakni lingkungan sungai karena siswa SD Negeri Teluk Dalam 1 Banjarmasin rata-rata berdomisili di lingkungan sungai. Berdasarkan permasalahan tersebut dikembangkanlah bahan ajar dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis lingkungan sungai pada materi bangun datar kelas IV SD yang valid praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model Plomp. Dengan langkah-langkah (1) penelitian awal (preliminary research) mengidentifikasi masalah karakteristik pembelajaran matematika di sekolah mengkaji berbagai teori dan literatur dan menentukan bahan ajar yang sesuai (2) tahap prototipe (prototyping phase) pengorganisasian materi yang telah ditentukan berdasarkan kajian kurikulum 2013 revisi dan mengembangkan bahan ajar dan instrumen dan (3) tahap penilaian (assesment phase) instrumen dan validasi bahan ajar memperoleh hasil kevalidan berdasarkan uji ahli materi dan desain dan uji coba produk calon pengguna mendapatkan data kepraktisan berdasarkan penilaian guru dan siswa berupa angket respon dan keefektifan bahan ajar berupa aktivitas siswa yang berjumlah 25 siswa dan hasil belajar siswa selama 6 pembelajaran. Hasil uji ahli terhadap buku guru dan buku siswa menunjukkan penilaian yang berkategori valid. Hasil uji ahli materi terhadap buku guru dan siswa memperoleh kriteria kevalidan valid sehingga tidak perlu dilakukan revisi. Hasil uji ahli desain terhadap buku guru dan siswa memperoleh total rata-rata kevalidan 3 valid sehingga tidak perlu dilakukan revisi. Hasil uji coba kepada calon pengguna menunjukkan bahwa buku guru dan buku siswa direspon positif. Hasil uji keefektifan berdasarkan rata -rata hasil observasi keaktifan belajar siswa saat pembelajaran 1 2 3 4 5 dan 6 memperoleh kriteria keefektifan efektif yang artinya siswa aktif saat pembelajaran yang dilaksanakan. Dan berdasarkan hasil belajar selama 6 pembelajaran menunjukkan bahwa dengan menggunakan bahan ajar bangun datar lingkungan sungai dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63299

Actions (login required)

View Item View Item