Pengembangan media permainan peta "Karinda" pada pembelajaran IPS kelas VII SMP / Rindha Tri Arlian - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan peta "Karinda" pada pembelajaran IPS kelas VII SMP / Rindha Tri Arlian

Arlian, Rindha Tri (2018) Pengembangan media permainan peta "Karinda" pada pembelajaran IPS kelas VII SMP / Rindha Tri Arlian. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Arlian Rindha Tri. 2018. Pengembangan Media Permainan Peta Karinda pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMP. Tesis Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Wahjoedi M.E. (2) Dr. H. Sunaryanto M. Ed. Kata Kunci Media permainan peta karinda pembelajaran IPS Pembelajaran materi tentang pemahaman lokasi melalui peta selama ini hanya melalui buku ajar IPS. Hal tersebut menyebabkan siswa kesulitan memahami materi di kelas karena tidak di dukung media pembelajaran untuk membantu siswa agar lebih memahami materi pelajaran. Media permainan peta karinda merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran IPS yang membantu siswa memahami materi pemahaman lokasi melalui peta. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media permainan peta karinda pada pembelajaran IPS kelas VII SMP yang valid praktis menarik dan efektif. Media ini diharapakan membantu siswa untuk memahami materi menemukan lokasi melalui peta saja namun juga menggali potensi-potensi lain yang berada di daerah tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari terdiri dari 1) research dan information collecting 2) planning 3) develop preliminary form of product 4) preliminary field testing 5) main product revision 6) main field testing 8) operasional field testing 9) final product revision 10) (dissemination and implementasion). Data hasil validasi media mendapatkan persentase 71.25% dengan kategori valid sedangkan hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 100% dengan kategori sangat valid. Hasil dari uji coba terbatas (kelompok kecil) berjumlah 10 siswa kelas VIIE dengan kemampuan heterogen memperoleh persentase 85% dengan kategori menarik. Data hasil uji coba lapangan (kelompok besar) berjumlah 30 siswa kelas VIID mendapatkan persentase 87% dengan kategori menarik. Data keefektifan dilihat dari hasil pre-test dan post-test memperoleh rata-rata hasil belajar siswa dari 72.33 menjadi 86.83. Data hasil pre-test menunjukkan jumlah siswa yang tuntas mendapatkan persentase 26.66% dan hasil post-test menunjukkan persentase ketuntasan sebesar 90%. Hal tersebut memenuhi kriteria sangat efektif . Sedangkan data hasil kepraktisan produk diperoleh dari guru IPS kelas VII mendapatkan persentase 85% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dinyatakan valid praktis menarik dan sangat efektif untuk pembelajaran IPS kelas VII SMP. Implikasi dari penelitian dan pengembangan ini bahwa media permainan peta karinda membantu siswa memahami materi pemahaman lokasi melalui peta serta potensi-potensi lain setiap daerah di Indonesia sehingga membantu proses keberhasilan siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63298

Actions (login required)

View Item View Item