Penerapan model pembelajaran two stay two stray dan fan pick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang / Al Aliyyu Riyantika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran two stay two stray dan fan pick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang / Al Aliyyu Riyantika

Riyantika, Al Aliyyu (2018) Penerapan model pembelajaran two stay two stray dan fan pick untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang / Al Aliyyu Riyantika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riyantika Al Aliyyu. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dan Fan N Pick Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas IV SD Ummu Aiman Lawang. Tesis Prodi S2-Pendidikan Dasar Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd Kata Kunci Two Stay Two Stray Fan N Pick Motivasi Belajar Hasil Belajar Muatan IPS Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas IV SD Ummu Aiman Lawang beberapa catatan yang dapat ditemukan saat melakukan kegiatan observasi yaitu ketika guru melakukan tanya jawab dengan siswa pada bagian muatan IPS siswa kurang dapat menjawab pertanyaan guru dengan baik. Kegiatan siswa nampak kurang aktif hal ini dibuktikan dengan terlihat sebagian besar siswa yang hanya melamun memainkan alat tulis dan lebih banyak mengobrol dengan temannya saat pembelajaran berlangsung. Selama peneliti melakukan observasi tidak ada kegiatan guru yang memberikan pembelajaran dalam memberi pemahaman pembelajaran pada siswa melalui metode teknik atau model pembelajaran. Berdasarkan pada tujuan penelitian maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Ummu Aiman Lawang Kecamatan Lawang Kabupaten Malang pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 31 siswa. Data yang diperoleh dalam penelitian ini merupakan sebuah analisis data dari hasil observasi pelaksanaan tindakan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Fan N Pick analisis data hasil observasi keterlaksanaan model analisis data hasil angket motivasi dan skor hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Fan N Pick dapat diterapkan pada pembelajaran muatan IPS. Hasil keterlaksanaan model pembelajaran oleh guru pada siklus I 83 51% dan siklus II 92 11%. Keterlaksanaan model pembelajaran oleh siswa pada siklus I 78 36% dan siklus II 96 27%. Hasil motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan 80 64% pada siklus I dan 92 82% siklus II. Hasil belajar muatan IPS menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I 77 41% dan siklus II 96 77%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63297

Actions (login required)

View Item View Item