Sikap guru kelas terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi di Sekolah dasar Wilayah Kabupaten Banyuwangi / Auliya Ghulam Maulidina - Repositori Universitas Negeri Malang

Sikap guru kelas terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi di Sekolah dasar Wilayah Kabupaten Banyuwangi / Auliya Ghulam Maulidina

Maulidina, Auliya Ghulam (2018) Sikap guru kelas terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi di Sekolah dasar Wilayah Kabupaten Banyuwangi / Auliya Ghulam Maulidina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ghulam Maulidina Auliya. 2018. Sikap Guru Kelas Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di SekolahDasar Wilayah Kabupaten Banyuwangi.Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dra. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D (2) Dr. Alif Mudiono M.Pd Kata Kunci pendidikaninklusi sikap guru kelas Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap guru kelas terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi ditinjau dari konsep dan sistem pelaksanaan pendidikan inklusi di sekolah dasar wilayah Kabupaten Banyuwangi . Penelitian ini dilakukan pada lima SD Negeri inklusi di wilayah Kabupaten Banyuwangi pada 2 kecamatan yang berbeda untuk kecamatan Genteng ada 2 SD yang dipilih sebagai lokasi penelitian yaitu SDN 2 Kembiritan dan SDN 5 Genteng untuk kecamatan Sempu SD yang digunakan sebagai tempat penelitiana dalah SDN 2 Sempu SDN 3 Temuasri dan SDN 1 Temuguruh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif survei karena peneliti ingin menjelaskan kecenderungan sikap guru Sekolah Dasar inklusi di wilayah Kabupaten Banyuwangi terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi khususnya pada konsep pendidikan inklusi dan komponen pelaksanaan pendidikan inklusi. Angket digunakan untuk mecari informasi kecenderungan sikap guru kelas terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi di SD Negeri wilayah Kabupaten Banyuwangi. Responden yang digunakan adalah 47 guru kelas di 5 Sekolah Dasar pada 2 kecamatan wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sebelum diujicobakan instrumen penelitian yang berupa angket diuji validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata sikap guru terhadap komponen dan system pelaksanaan pendidikan inklusi dari kuisioner penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 34 8% responden mengatakan sangat setuju 50 3% responden mengatakan setuju 3% responden mengatakan tidaksetuju dan 0 07% responden mengatakan sangat tidak setuju dalam pengisisan angket. Dari rata-rata keseluruhan data sebanyak 86% mengatakan setuju terhadap konsep pelaksanaan pendidikan inklusi dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Rata-rata sikap guru terhadap komponen dan sistem pelaksanaan pendidikan inklusi dari kuisioner penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 34 8% responden mengatakan sangat setuju 50 3% responden mengatakan setuju 3% responden mengatakan tidak setuju dan 0 07% responden mengatakan sangat tidak setuju dalam pengisisan angket. Dari akumulasi data keseluruhan rata-rata sebanyak 82% respondensetuju terhadap komponen sistem pelaksanaan pendidikan inklusi hal ini termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru telah bersikap baik atau positif terhadap pelaksanaan pendidikan inklusi dilihat dari sikap guru terhadap konsep pendidikan inklusi guru sudah bersikap baik dengan mengajar semua siswa dan memperlakukan semua sama termasuk anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63295

Actions (login required)

View Item View Item