Pengaruh inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 111 Inpres Bungin Tana Toraja / Rezki Fitria Hartini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 111 Inpres Bungin Tana Toraja / Rezki Fitria Hartini

Hartini, Rezki Fitria (2018) Pengaruh inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 111 Inpres Bungin Tana Toraja / Rezki Fitria Hartini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rezki Fitria Hartini. 2018. Pengaruh Inkuiri Terbimbing Berbasis Lingkungan Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 111 Inpres Bungin Tana Toraja. Pembimbing (I) Dr. Ibrohim M. Si. (II) Dr. Abd. Qohar M. T. Kata Kunci Inkuiri Terbimbing Pemahaman Konsep Keterampilan Proses Sains Pembelajaran IPA di SD membantu siswa lebih dekat dengan alam dan memahami keadaan lingkungan sekitarnya dengan baik Pembelajaran IPA di sekolah dasar diharapakan dapat memberikan pengalaman secara langsung siswa melalui proses ilmiah. Pemahaman konsep dan keterampilan proses sains merupakan kompetensi yang perlu dimiliki siswa dalam pembelajaran IPA karena melatih siswa membangun pengetahuan secara mandiri. Salah satu pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri dengan melibatkan siswa secara aktif adalah pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control group design. Subjek peneitian ini adalah kelas V dimana kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2017-2018. Pengumpulan data pada tes pemahaman konsep diukur dengan tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah divalidasi memiliki nilai reliabilitas 0 946 dengan kategori tingkat reliabilitas yang sangat tinggi dan keterampilan proses sains diukur dengan observasi dan tes pilihan ganda sebanyak 7 soal yang telah divalidasi memiliki nilai reliabilitas 0 656 dengan kriteria tinggi. Kedua soal tersebut memiliki tingkat kesukaran yang seimbang (proporsional) serta instrumen yang memiliki daya beda yang baik. Data dianalisis menggunakan uji-t setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan menggunakan inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing (2) tidak terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang dibelajarkan menggunakan inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing. Saran yang dapat disampaikan antara lain (1) bagi guru diharapkan dapat diterapkan untuk peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains di SD sehingga diharapkan guru merancang pembelajaran lebih kreatif (2) pada pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan diharapkan guru dapat mengatur alokasi waktu secara maksimal (3) bagi peneliti lain hendaknya pada saat menerapkan model pembelajaran ini menggunakan alat ukur penilaian yang lain seperti penilaian portofolio.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63292

Actions (login required)

View Item View Item