Pengaruh model inkuiri terbimbing terintegrasi jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV pada topik materi hubungan antara gaya dengan gerak / Rizky Bagus Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model inkuiri terbimbing terintegrasi jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV pada topik materi hubungan antara gaya dengan gerak / Rizky Bagus Wicaksono

Wicaksono, Rizky Bagus (2018) Pengaruh model inkuiri terbimbing terintegrasi jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV pada topik materi hubungan antara gaya dengan gerak / Rizky Bagus Wicaksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Rizky Bagus. 2018. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Jurnal Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas IV Pada Topik Materi Hubungan Antara Gaya Dengan Gerak. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si. (2) Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si M.Ed. Kata kunci kemampuan berpikir kritis model inkuiri terbimbing jurnal belajar. Salah satu kompetensi lulusan yang harus dikuasai oleh setiap individu khususnya pada jenjang pendidikan dasar adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan seorang individu dalam mengambil suatu keputusan serta melakukan pemecahan masalah secara tepat. Individu yang sudah memiliki kematangan dalam hal berpikirnya akan bertindak sesuai dengan cara berpikir yang rasional dan penuh dengan segala pertimbangan. Upaya melatih dan mengembangkan kemampuan tersebut pada diri siswa dilakukan melalui proses pembelajaran yang konstruktivis di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD kelas IV pada topik materi hubungan gaya dengan gerak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kauman 1 Malang sebanyak 60 siswa terbagi atas dua kelompok. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen perlakuan serta instrumen pengukuran. Data diperoleh dari hasil pretest sebelum perlakuan dan posttest di akhir pembelajaran pada kedua kelas. Analisis data menggunakan uji independent t-test perhitungan Average Normalized Gain Score dan perhitungan Effect Size. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model inkuiri terbimbing terintegrasi jurnal belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil perhitungan statistik uji Independent t-test diperoleh nilai sig. uji sebesar 0 021

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63290

Actions (login required)

View Item View Item