Pemahaman konsep dan keterampilan proses sains melalui model inkuiri terbimbing pada materi Gaya Magnet kelas V SDN Tangkala 1 Kota Makassar / Nurul Fitriah Aras

Aras, Nurul Fitriah (2018) Pemahaman konsep dan keterampilan proses sains melalui model inkuiri terbimbing pada materi Gaya Magnet kelas V SDN Tangkala 1 Kota Makassar / Nurul Fitriah Aras. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aras, Nurul Fitriah. 2018. Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains melalui Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Gaya Magnet Kelas V SDN Tangkala 1 Kota Makassar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Guru Kelas, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si., (2) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D. Kata kunci: Pemahaman konsep, keterampilan proses sains, inkuiri terbimbing Proses pembelajaran IPA dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan ilmiah dan mampu meningkatkan pemahaman konsep terkait materi yang dipelajari melalui pengalaman langsung. Kurangnya melibatkan siswa dalam kegiatan percobaan membuat keterampilan proses sains lemah sehingga berpengaruh pada kurangnya pemahaman konsep terkait suatu materi yang dipelajari. Siswa dapat mencari dan menemukan jawaban suatu masalah dengan belajar menggunakan model inkuri terbimbing. Siswa yang memperoleh pengalaman langsung tidak mudah lupa tentang konsep yang diperolehnya melalui pembelajaran yang bermakna, serta keterampilan ilmiahnya dapat berkembang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada siswa kelas eksperimen yang diajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan siswa kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional. Desain penelitian yaitu pretest posttest control group design pada penelitian kuasi eksperimen ini. Sebanyak 51 siswa kelas V SDN Tangkala 1 yang dijadikan subjek pada penelitian ini. Kelas VA merupakan kelas kontrol dan belajar menggunakan metode konvensional. Kelas VB merupakan kelas eksperimen dan belajar menggunakan model inkuiri terbimbing. Instrumen pengukuran yang digunakan berupa soal pilihan ganda dengan jumlah soal pemahaman konsep yaitu 13 soal dan 7 soal untuk tes materi keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan pemahaman konsep pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini terlihat pada skor rata-rata pretest dan posttest pemahaman konsep kelas eksperimen lebih tinggi; 2) tidak ada perbedaan keterampilan proses sains kelas kontrol dengan kelas ekperimen. Walaupun skor rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen memiliki nilai tinggi, akan tetapi kelas kontrol memiliki selisih peningkatan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, keterampilan proses sains siswa tidak berbeda secara signifikan pada kedua kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63289

Actions (login required)

View Item View Item