Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di kelas IV sekolah dasar (studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Kota Malang) / Shofi Nur Amalia

Amalia, Shofi Nur (2018) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di kelas IV sekolah dasar (studi kasus pada Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Kota Malang) / Shofi Nur Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

x ABSTRAK Amalia Shofi Nur. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SDN Sukun 3 Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd M.A. (2) Dr. Hj. Titik Harsiati M.Pd. Kata Kunci Implementasi Pendidikan Karakter Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik dengan sasaran guru kelas IV SDN Sukun 3 Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat potret implementasi pendidikan karakter sesuai dengan Permendiknas 2013 terkait implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik yaitu perencanaan pelaksanaan evaluasi serta masalah/kendala guru mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peran peneliti dalam penelitian yaitu sebagai perancang pengumpul penganalisis data penelitian hingga penyusunan laporan penelitian. Oleh karena itu peneliti terjun langsung ke SDN Sukun 3 Kota Malang untuk mengumpulkan data hingga pelaporan hasil penelitian. Penelitian tentang implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik dilaksanakan di SDN Sukun 3 Kota Malang yang beralamat di Jalan Rajawali No. 1 Kecamatan Sukun Kota Malang. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karater dalam pembelajaran tematik meliputi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi diintegrasikan dalam muatan indikator tujuan pembelajaran langkah kegiatan serta pada penilaian. Pelaksanaan pendidikan karakter terlihat pada proses pembelajaran berlangsung di kelas ketika guru melakukan kegiatan pendahuluan berupa kegiatan berdoa absen apersepsi dan kegiatan penyampaian tujuan pembelajaran kegiatan inti berupa langkah pembelajaran dan kegiatan penutup berupa kegiatan refleksi. Evaluasi dilakukan menggunakan jurnal penilaian sikap. Implemetasi pendidikan karakter masih mengalami beberapa kendala meliputi penggunaan media pembelajaran metode yang digunakan kurang bervariatif peran orang tua dalam mengoptimalkan pendidikan karakter serta dukungan kondisi lingkungan tempat tinggal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63287

Actions (login required)

View Item View Item