Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan kelas IV sekolah dasar / Miftahul Husna

Husna, Miftahul (2018) Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik tema Indahnya Kebersamaan kelas IV sekolah dasar / Miftahul Husna. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi ABSTRAK Husna, Miftahul. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, (2) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd. Kata Kunci: multimedia interaktif, pembelajaram tematik, indahnya kebersamaan. Perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) berkembang pesat seiring perkembangan zaman, terutama yang berhubungan dengan sistem pendidikan. Sistem pendidikan di Indonesia saat ini semakin berkembang, sehingga pemerintah melakukan perubahan dan pengembangan kurikulum dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013, agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pada sistem penididikan adalah melakukan inovasi pembelajaran dengan menciptakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi terhadap guru kelas IV SDN Dinoyo 2 Malang didapatkan fakta bahwa fasilitas teknologi yang terdapat di sekolah sangatlah lengkap, namun guru belum dapat memanfaatkannya secara baik dan belum adanya media pembelajaran berbasis multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD yang efektif Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural dari Lee dan Owens dengan tahapan: (1) Assessment/Analysis; (2) Desain (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan (Implementation); (5) Evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran tematik, dan pengguna yaitu guru dan siswa kelas IV sekolah dasar. Data penelitian berupa hasil validasi ahli media pembelajaran, ahli materi pembelajaran tematik, dan data hasil ujicoba pengguna. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan teknis analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui tingkat validitas, kepraktisan, kemenarikan dan keefektifan produk multimedia interaktif. Hasil penelitian menunjukkan tingkat validitas media sangat valid dengan persentase 89,4%. Validitas dari ahli materi pembelajaran tematik juga menunjukkan tingkat yang valid dengan persentase nilai 81,7%. Dari segi kepraktisan memperoleh tingkatan nilai yang sangat praktis yaitu, 94,2%. Dari segi kemenarikan, memperoleh hasil yang sangat menarik dengan persentase 95,9%. Dari segi keefektifan, memperoleh hasil sangat efektif yang didapatkan dari tes hasil belajar 35 siswa, yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ≥75, dengan nilai ratarata keseluruhan 85,4 . Revisi produk dilakukan berdasarkan kritik, saran dan masukan dari validator dan guru guna menyepurnakan produk multimedia interaktifi ini. Secara keseluruhan produk Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD ini layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran utama pada subtema ÔÇ£Keberagaman Budaya Bangsa IndonesiaÔÇØ.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PASCASARJANA(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/63284

Actions (login required)

View Item View Item