Rafiuddin (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media pohon matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri Kecil Palapi Provinsi Sulawesi Barat / Rafiuddin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Rafiuddin. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Pohon Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas V SD Negeri Kecil Palapi Provinsi Sulawesi Barat. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Cholis Sa dijah M.Pd. M.A. (2) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. Kata kunci talking stick media pohon matematika kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan studi awal pada Februari 2017 di kelas V SD Negeri Kecil Palapi Provinsi Sulawesi Barat ditemukan (1) indikator kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dalam pembelajaran (2) peserta didik pasif bertanya dan mengutarakan pendapat dan (3) hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik diduga disebabkan karena (1) model pembelajaran yang kurang tepat dan (2) guru tidak menggunakan media. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media pohon matematika dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan dan refleksi. PTK dilakukan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari empat pertemuan tiga pertemuan tindakan dan satu pertemuan evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kecil Palapi dengan jumlah 12 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2018. Instrumen yang dipersiapkan meliputi (1) lembar observasi guru (2) lembar observasi peserta didik (3) soal tes kemampuan berpikir kritis peserta didik dan (4) catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media pohon matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dimana peserta didik (1) menyelesaikan permasalahan yang sifatnya open ended diawal pembelajaran yang alternatif jawabannya lebih dari satu pilihan (2) menyelesaikan lembar kerja kelompok (LKKPD) dan soal individu dengan bantuan media pohon matematika yang langsung diselesaikan peserta didik dipapan tulis setelah mendapatkan giliran dalam permainan stik serta (3) evaluasi akhir pertemuan dengan membagikan lembar kerja individu (LKIPD). Hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I perolehan skor rata-rata 60 42% dengan kriteria cukup baik meningkat secara signifikan pada siklus II dengan perolehan skor rata-rata 88 00% dengan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/63283 |
Actions (login required)
View Item |